Masuk Daftar Forbes Under 30, Pria Ukraina Ini Sulap Daun Jadi Kertas

Pemuda Ukraina daur ulang daun jadi kertas. (ntelligentliving.co/Re-leaf Paper)

Editor: Dera - Rabu, 21 April 2021 | 21:30 WIB

SariAgri - Bermula dari tugas kuliah, seorang pemuda di Ukraina berhasil menyulap daun-daun kering menjadi produk kertas dan kantong kemasan mudah terurai. Berkat terobosannya, Forber memasukannya dalam daftar 30 orang tersukses di Ukraina versi Forbes.

Valentyn Frechka memulai ide kreatif dan inovasinya ketika ia berusia 19 tahun dan masih menjadi siswa di sebuah Desa di Ukraina. Saat itu, ia mengerjakan proyek sainsnya dengan mengolah dedaunan yang mati untuk diproduksi menjadi kertas biodegradable.

Berkat kerja kerasnya, tiga tahun kemudian proyek tersebut berkembang pesat. Ia pun akhirnya berinisiatif mendirikan proyek rintisan yang disebut "Re-leaf Paper". Lewat usaha rintisan ini, ia memproduksi kantong kertas dan kemasan dari serat yang diambil dari daun-daun mati.

Sejak saat itu, Frechka juga bermitra dengan usaha pembuatan karton lokal dan mendirikan perusahaan kecil yang berbasis di Zhytomyr, 140 km sebelah barat ibu kota Kyiv. Usaha mereka memiliki visi mengurangi dampak lingkungan dari produksi kertas.

"Idenya sangat mudah. Benda-benda yang diyakini sebagai sampah bisa digunakan kembali atau didaur ulang. Daun merupakan limbah yang perlu dibuang dari taman karena mengeluarkan banyak karbon saat membusuk. Ini adalah kesempatan bagi pelanggan untuk menggunakan kemasan yang ramah lingkungan," ujar Frechka  seperti dikutip dari Intelligent Living.

Frechka yakin inisiatifnya dapat mengakhiri deforestasi yang disebabkan oleh pembuatan kertas biasa. Ia juga menunjukkan bahwa limbah dari produknya dapat didaur ulang dan digunakan kembali untuk berbagai keperluan.

Baca Juga: Masuk Daftar Forbes Under 30, Pria Ukraina Ini Sulap Daun Jadi Kertas
Monstera, Primadona Tanaman Hias yang Beracun untuk Hewan Peliharaan

Kertas pertama produksi Re-leaf Paper diproduksi hanya dari daun yang dikumpulkan di Taman Besar di Kyiv dan komunitas perkotaan.

Saat ini, Frechka berencana untuk masuk ke produksi komersial. Dia terbuka untuk semua proposal dari perusahaan di seluruh dunia, siapa saja yang ingin bergabung dengan metodologi ekologi baru. Tahun lalu, majalah Forbes Ukraina memasukkan Frechka dalam daftar 30 orang Ukraina tersukses berusia di bawah 30 tahun.

Video Terkait