Intip Berbagai Produk SMK Pertanian yang Memanfaatkan Lemon

Hortikultura - Ilustrasi Buah Lemon (Unsplash)

Penulis: Andry, Editor: Reza P - Rabu, 5 Mei 2021 | 10:15 WIB

SariAgri - Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Pertanian Pembangunan (SMK PP) Negeri Saree berhasil memproduksi sejumlah produk, baik minuman maupun produk lainnya dari bahan baku lemon.

Seluruh produk yang diproduksi siswa SMK PP Saree saat ini bisa didapatkan di sekolah tersebut. Karena saat ini pihak sekolah belum memproduksi secara massal.

Kepala Sekolah SMK PP Saree, Muhammad Amin menyampaikan, produk-produk dari lemon layak jual yang diciptakan di SMK itu meliputi minyak aksiri, minyak wangi, lemon fresh, sirup lemon dan eco farming yang digunakan untuk pupuk.

“Nah, ada beberapa target dari kita. Selain budidaya kita juga menghasilkan produknya, ada lemon, ada jeruk kemudian ada pir, kemudian ada minyak aksiri. Jadi kita tidak hanya jual buahnya, tapi ada produk turunannya,” kata M Amin.

Salah satu produk minuman lemon yang dibuat SMK PP Saree Aceh  (Dok. SMK PP Saree)

Salah satu produk minuman lemon yang dibuat SMK PP Saree Aceh (Dok. SMK PP Saree)

M Amin menilai lewat produk-produk seperti ini pihaknya mendapat kepercayaan lebih dari masyarakat. Dengan demikian, ia berharap agar masyarakat mau untuk belajar bersama mereka. Tujuannya supaya bisa terciptanya peluang kerja baru di tengah masyarakat.

Untuk saat ini, kata Amin, pihaknya belum mengembangkan produk tersebut secara luas, karena keterbatasan kapasitas yang masih kecil.

“Nah, ke depan masyarakat yang lain bisa belajar ke sini. Sehingga orang Aceh menjadi pintar, dengan menjadi pintar akan mengangkat derajatnya dan mengurangi kemiskinan,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Alhudri, sangat mengapresiasi terhadap produk ciptaan siswa SMK PP Saree itu. Ia berharap agar produk itu bisa terus dikembangkan dan bisa dipasarkan kepada masyarakat.

Baca Juga: Intip Berbagai Produk SMK Pertanian yang Memanfaatkan Lemon
4 Tips Agar Daging Buah Alpukat Tak Berubah Warna Cokelat

Alhudri berharap produk-produk dari turunan lemon di SMK PP Saree bisa menjadi contoh bagi sekolah lain dalam meningkatkan kreativitas dan mengasah kemampuannya.

“Kita tentu harus bekerja terus dan kita berharap kepada kepala sekolah jangan pernah bosan dan jangan henti-hentinya untuk menghasilkan karya yang terbaik,” pintanya.