Bisa Obati Sejumlah Penyakit, Ini 5 Khasiat Daun Kumis Kucing

Daun Kumis Kucing. (Pixabay)

Editor: Dera - Jumat, 7 Mei 2021 | 07:00 WIB

SariAgri - Kumis kucing adalah tanaman yang mempunyai mahkota bunga bertumpuk dengan benang sari yang panjang. Benang sari tersebut biasanya berwarna putih hingga menyerupai kumis seekor kucing.

Kumis kucing mempunyai nama latin Orthosiphon Aristatus yang masuk dalam famili Lamiaceae. Tanaman liar ini banyak tumbuh di sepanjang anak sungai maupun selokan. Saat ini, semakin banyak orang menanam daun kumis kucing di halaman rumah karena meyakininya sebagai obat herbal yang bermanfaat bagi kesehatan.

Kandungan daun kumis kucing di antaranya adalah kalium yang tinggi, minyak asiri, mioinositolm sinensetin, saponin, juga orthosiphonin glikosida yang baik untuk menurunkan kadar asam urat, fosfat, dan oksalat, seperti tertulis dalam buku Atlas Tumbuhan Obat Indonesia Volume 2.

Ditambah lagi dalam buku The Miracle of Herb, disebutkan daun kumis kucing juga mengandung flavonoid yang kaya khasiatnya dalam memelihara kesehatan. Di Indonesia, daun kumis kucing diyakini memiliki khasiat sebagai obat herbal yang dapat mengurangi keluhan kesehatan hingga menyembuhkan berbagai penyakit.

Daun ini juga dianggap bermanfaat untuk kecantikan. Namun demikian, ada dua hal yang harus diperhatikan. Pertama, daun kumis kucing tidak diperbolehkan untuk dikonsumsi dalam jangka panjang karena dapat mengurangi kadar natrium di dalam tubuh kita. Kedua, ramuan daun kumis kucing untuk pengobatan tidak dianjurkan untuk ibu hamil.

Yuk, cari tahu apa saja manfaat daun kumis kucing untuk kesehatan.

Mengendalikan kadar gula darah

Daun kumis kucing terbukti dapat mengontrol kadar gula darah dalam tubuh pengidap diabetes.

Mengurangi gatal akibat alergi

Mengonsumsi daun kumis kucing dapat menjadi salah satu obat untuk menghilangkan rasa gatal akibat alergi. Caranya: Rebus hingga mendidih setengah genggam daun kumis kucing, dua jari temulawak, sambiloto dan meniran dalam empat gelas air. Saring ampasnya, lalu minum dua kali sehari.

Mengurangi intensitas batuk

Mengonsumsi daun kumis kucing juga mampu meredakan batuk yang mengganggu. Caranya: Siapkan 15 – 20 gram daun kumis kucing, rebus dalam satu gelas air. Minum tiga kali sehari dengan dosis satu gelas sekali minum.

Baca Juga: Bisa Obati Sejumlah Penyakit, Ini 5 Khasiat Daun Kumis Kucing
Tak Hanya Nikmat, Rebung Juga Ternyata Bisa Tingkatkan Imunitas Tubuh

Menurunkan tekanan darah tinggi

Daun kumis kucing diyakini mengandung antioksidan dan zat antiperadangan yang bermanfaat untuk pengidap darah tinggi. Zat kimia bernama
methylripariochromene tersebut dipercaya dapat mengurangi tekanan darah.

Mengatasi rematik

Penyakit satu ini terasa menyiksa karena menimbulkan rasa sakit saat persendian maupun otot tubuh bengkak atau meradang. Untuk mengobatinya, siapkan lima daun kumis kucing kemudian rebus dalam tiga gelas air. Minum air rebusan kumis kucing setelah dingin. Minumlah setengah gelas setiap minum untuk tiga kali sehari.