Sederet Fakta Manfaat Daun Singkong Bagi Kesehatan yang Perlu Diketahui

Ilustrasi Daun Singkong (Pixabay)

Editor: Reza P - Kamis, 13 Mei 2021 | 18:10 WIB

SariAgri - Ketela atau yang lebih dikenal dengan istilah singkong merupakan umbi-umbian yang banyak dibudidayakan oleh masyarakat Indonesia. Singkong banyak memberikan manfaat kesehatan yang diperlukan tubuh.

Bukan hanya singkongnya saja, semua bagian tumbuhan ini dapat dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan pangan khususnya. Salah satu bagian yang kerap dijadikan santapan masyarakat yaitu daun singkong yang memiliki segudang manfaat baik.

Dilansir dari laman Kementerian Pertanian (Kementan), di dalam daun singkong menyimpan berbagai nutrisi penting diantaranya vitamin, protein, mineral dan asam amino alami yang mana semuanya mengandung masing-masing manfaat.

Protein yang terkandung dalam daun singkong bermanfaat untuk membentuk sel tubuh dan melancarkan sistem enzim dalam tubuh. Tidak hanya itu, masih banyak manfaat daun singkong lainnya untuk kesehatan tubuh.

Setiap 100 gram daun singkong mengandung sedikitnya 3,7 gram protein seperti lisin, isoleusina, dan vanila yang cukup untuk memenuhi kebutuhan harian. Selain itu, daun singkong mengandung kalori yang rendah di mana dalam 100 gram hanya terdapat 37 kalori sehingga cocok menjadi salah satu menu diet.

Selain kaya kandungan protein dan rendah kalori, daun singkong ternyata kaya akan kandungan vitamin di dalamnya, diantaranya vitamin A, vitamin B1 dan vitamin C. Meskipun banyak mengandung nutrisi yang baik untuk tubuh, namun perlu juga mewaspadai efek samping yang ditimbulkan dari daun singkong. Simak ulasan berikut.

1. Mengakibatkan keracunan

Daun singkong mengandung linamarin dan lotaustralin, di mana keduanya berpotensi jadi racun sianida yang dapat mengendap dan mengiritasi jaringan tubuh sehingga menimbulkan keracunan yang ditandai dengan muntah-muntah.

2. Sakit perut

Mengonsumsi daun singkong secara berlebihan dapat menimbulkan asam lambung, dinding lambung mengalami tekanan dan luka.

3. Meningkatkan kadar kolesterol

Orang yang mengidap kolesterol tinggi sebaiknya menghindari konsumsi daun singkong, pasalnya daun singkong dapat meningkatkan kadar kolesterol. Kondisi tersebut dikhawatirkan dapat menimbulkan penyumbatan pembuluh darah yang dapat menghambat kinerja organ vital seperti jantung.

4. Menyebabkan hipertensi (darah tinggi)

Pengidap darah tinggi disarankan mengonsumsi daun singkong dalam jumlah yang sedikit, selain itu mengolahnya pun disarankan tidak menggunakan santan dikarenakan lemak dalam santan dapat mempengaruhi tekanan darah dan mengganggu aliran darah.