Kuaci, Camilan Sehat yang Bisa Cegah Diabetes dan Kolesterol

Ilustrasi biji bunga matahari (pixabay)

Editor: Dera - Rabu, 19 Mei 2021 | 12:40 WIB

SariAgri - Biji bunga matahari adalah salah satu makanan yang biasa dikonsumsi sebagai camilan seperti kuaci atau campuran sereal untuk sarapan. Biji bunga matahari mengandung nutrisi yang bermanfaat untuk tubuh dan termasuk jenis lemak sehat, mengandung mineral dan senyawa antioksidan.

Bunga matahari biasa (Helianthus annuus L.) adalah spesies dari keluarga Asteraceae, yaitu jenis tanaman yang dapat dimakan dan banyak diproduksi untuk diambilnya minyaknya. Minyak bunga matahari menempati urutan keempat sebagai minyak yang paling banyak di produksi di seluruh dunia.

Selain sebagai sumber makanan manusia, biji bunga matahari dapat dimanfaatkan untuk makanan ternak. Perkecambahan benih biji bunga matahari juga memiliki peran sekunder penting dalam ekologi dan siklus hidup organisme.

Efek kardioprotektif dan anti tumor

Melansir medical news today, biji bunga matahari kaya akan karotenoid dan tokoferol yang berfungsi sebagai antioksidan yang membantu mencegah kerusakan akibat radikal bebas. Minyak biji bunga matahari bermanfaat untuk mencegah berbagai penyakit seperti aterosklerosis, penyakit arteri, stroke, hipertensi dan kanker

Tubuh manusia diketahui tidak dapat mensintesis tokoferol atau vitamin E dan perlu mendapatkannya melalui makanan. Sebab itu, memasukkan biji bunga matahari dalam makanan adalah cara yang tepat untuk mendapatkan asupan vitamin E.

Efek antidiabetik dan penurun kolesterol

Biji bunga matahari efektif melawan diabetes dan kolesterol tinggi. Penderita diabetes dapat menghasilkan produk akhir glikasi lanjutan yang dapat menyebabkan kerusakan pada tubuh. Biji bunga matahari mengandung senyawa yang dapat menghambat zat tersebut.

Cynarin dalam biji bunga matahari juga dapat menurunkan trigliserida dan kolesterol, efek yang berpotensi bermanfaat bagi penderita hiperglikemia atau hiperlipidemia.

Kulit dan tulang yang sehat

Biji bunga matahari mengandung asam lemak omega-6 yang bermanfaat untuk kesehatan kulit. Kekurangan asam lemak esensial secara signifikan mempengaruhi fungsi dan penampilan kulit. Memasukkan sumber asam lemak esensial dalam makanan dapat membantu mencegah kerusakan kulit, seperti dermatitis dan mengurangi efek penuaan pada kulit.

Baca Juga: Kuaci, Camilan Sehat yang Bisa Cegah Diabetes dan Kolesterol
Bagus untuk Kesehatan Jantung, Ini Sederet Khasiat Ajaib Biji Wijen

Biji bunga matahari juga mengandung seng, mineral penting untuk kesehatan kulit dan mineral, termasuk magnesium, kalsium dan fosfor untuk kesehatan tulang.

Reaksi alergi

Meski biji bunga matahari adalah termasuk makanan sehat, ada beberapa risiko yang harus dipertimbangkan seperti terjadinya reaksi alergi. Beberapa orang dapat memiliki hipersensitivitas yang kuat terhadap biji bunga matahari. Termasuk alergi terhadap serbuk sari biji bunga matahari saat petani memanen atau mereka bisa sensitif terhadap pakan burung yang mengandung biji bunga matahari. 

Video Terkait