Atasi Telinga Berdenging dengan Konsumsi 4 Buah Segar Ini

ilustrasi buah kiwi (Pixabay)

Editor: Arif Sodhiq - Minggu, 23 Mei 2021 | 13:00 WIB

SariAgri - Keseringan mendengar dering atau nada suara tinggi bisa membuat telinga berdenging atau tinnitus. Meski umumnya bersifat sementara, selain mengganggu jika dibiarkan gangguan telinga berdenging bisa menjadi kronis dan persisten.

Dokter Spesialis THT di Klinik Cleveland, Rachel Georgopoulos mengatakan telinga berdenging seperti mendengar nada tinggi.

"Namun sifat tepat bunyinya bisa berbeda dari satu orang ke orang lain. Telinga berdenging terdengar seperti nada tinggi, tetapi orang juga dapat mendengar dengung, senandung, suara mengaum, mengklik, mendesis, mengibaskan atau suara seperti detak jantung," ujatnya dikutip dari SELF.

Dalam dunia medis, gangguan yang menyerang bagian telinga terjadi secara subjektif atau hanya penderita yang dapat mendengarnya.

Berikut beberapa buah yang dapat membantu mengatasi telinga berdenging:

1. Nanas

Nanas bisa membantu meringankan telinga berdenging. Buah ini merupakan buah serbaguna dan anti-inflamasi alami.

Buah dengan kandungan vitamin ini bisa dikreasikan sedemikian rupa. Nanas sangat lezat sebagai makanan penutup. Nanas dapat dibuat jus kemudian dibekukan dengan menjadikannya es.

2. Semangka

Semangka umumnya digunakan untuk mengatasi rasa dahaga karena memiliki banyak cairan dalam buahnya. Semangka juga memiliki antioksidan tinggi, vitamin C, asam pantotenat, tembaga, biotin, vitamin A, vitamin B6, dan vitamin B1. Semangka bisa disimpan dalam kulkas agar lebih segar saat dinikmati atau dijadikan jus dengan aneka topping.

3. Kiwi

Buah ini kaya akan kalsium, magnesium, kalium, dan mengandung vitamin C dalam jumlah besar. Banyak orang percaya kiwi bisa membantu mengurangi tekanan darah.

Buah ini memang sudah lezat ketika dipotong dan langsung dikonsumsi. Atau agar terasa lebih segar kiwi bisa digunakan sebagai bahan es buah dengan tambahan susu.

4. Alpukat

Buah dengan kandung vitamin untuk telinga berdenging lainnya adalah alpukat. Tidak hanya membantu mengendalikan telinga berdenging, alpukat juga baik untuk kesehatan jantung.

Baca Juga: Atasi Telinga Berdenging dengan Konsumsi 4 Buah Segar Ini
Begini Aturan Menyimpan Buah dan Sayur yang Tepat di Lemari Es

Hanya dengan mengonsumsi setengah buah alpukat sudah bisa mendapatkan asupan kalsium, magnesium dan potasium harian yang dibutuhkan.

Selain kaya akan manfaat, alpukat bisa dikreasikan agar lebih menarik untuk dikonsumsi mulai dari dibuat jus, dijadikan topping salad atau dipanggang dengan telur.

Video terkait:

Video Terkait