Anti Ribet, Ini Trik Mudah Bikin Tanaman Aglonema Cepat Beranak

Ilustrasi tanaman hias aglonema. (Freepik)

Editor: Dera - Senin, 24 Mei 2021 | 07:00 WIB

SariAgri - Bagi para pecinta tanaman hias tentu tidak asing lagi dengan tanaman aglonema, selain senang dalam merawatnya, kamu juga pasti  ingin sekali tanaman tersebut beranak pinak.

Aglonema sendiri merupakan jenis tanaman talas-talasan yang dapat berkembang biak melalui biji. Namun, saat ini banyak teknik yang bisa kamu lakukan untuk tanaman hias kesayangan kamu berkembang biak, seperti stek, kultur jaringan atau pemisahan anak.

Ingin aglonema kamu cepat beranak? Yuk intip tiga teknik mudah yang dapat kamu gunakan. 

1. Mengganti media tanam

Ganti media tanam jika masih menggunakan campuran kotoran hewan. Hal ini bertujuan untuk mengurangi panas pada tanaman serta tidak menghambat pertumbuhan tunas atau anak aglonema.

Komposisi media tanamnya yaitu berupa sekam lapuk dengan tanah dengan perbandingan 3:1. Selain membuat sendiri, kamu juga bisa mendapatkan campuran sekam dengan tanah ini di toko tanaman.

2. Pindahkan ke tempat teduh

Pada dasarnya, aglonema merupakan tumbuhan hutan tropis dengan penyinaran rendah serta kelembaban tinggi. Untuk itu pindahkan aglonema ke tempat yang lebih teduh dan hindari terkena sinar matahari langsung. Hal ini akan mengurangi stres pada tanaman dan membuat kondisinya semakin sehat.

Baca Juga: Anti Ribet, Ini Trik Mudah Bikin Tanaman Aglonema Cepat Beranak
Kenali 4 Penyebab Busuk Akar Aglaonema yang Perlu Diketahui

3. Siram dengan benar

Kamu disarankan untuk menyiramnya di sekitar bagian batang. Hal ini akan membuat batang bagian bawah tetap segar dan merangsang pertumbuhan anakan baru.

Anakan pada aglonema ini akan tumbuh di samping batang indukannya. Setelah itu, kamu bisa memisahkan anakan aglonema jika tanaman tersebut sudah memiliki minimal tiga daun. Memotong anakan aglonema yang terlalu kecil tidak dianjurkan karena dapat merusak kualitas tanaman.

Selamat mencoba Sobat Agri!

Video Terkait