Tepurang, Buah 'Surga' yang Bisa Cegah Penyakit Kanker dan Jantung

Ilustrasi buah tepurang. (foter)

Editor: Dera - Kamis, 27 Mei 2021 | 19:50 WIB

SariAgri - Tepurang atau buah dengan nama latin Momordica cochinchinensis mungkin masih asing terdengar oleh masyarakat Indonesia. Buah sejenis suku labu-labuan (Cucurbitaceae) yang berasal dari Asia Tenggara ini sekilas mirip buah delima karena berwarna oranye.

Tepurang tumbuh subur di Vietnam dan mudah ditemukan di rumah-rumah masyarakat Vietnam. Di negara tersebut, tepurang disebut gac fruits, namun di Indonesia sendiri tepurang dikenal dengan nama pupia.

Bagi kalangan pecinta buah, tepurang kerap disebut buah 'surga' karena khasiatnya yang luar biasa bagi kesehatan.

Buah dengan kulit berduri ini mengandung vitamin A, serat dan antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas dari tubuh.

Bahkan dalam sebuah penelitian, kandungan betakaroten di dalamnya bisa 10 kali lipat dibandingkan wortel. Hal tersebut pastinya sangat bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan kesehatan mata.

Selain itu, buah ini juga disebut sebagai sumber likopen yang mampu mencegah kanker prostat. Pasalnya, kandungan likopen dalam tepurang yaitu 70 kali lipat dibandingkan tomat, sehingga senyawa likopen ketika masuk ke dalam tubuh akan bergerak menghentikan pasokan darah yang menuju ke arah sel kanker.

Baca Juga: Tepurang, Buah 'Surga' yang Bisa Cegah Penyakit Kanker dan Jantung
Terkuak! Ini Buah yang Dipanen Thanos di Film Avengers

Tak hanya itu saja, senyawa likopen dan betakaroten yang terdapat di dalamnya juga bisa mencegah serangan jantung.

Di mana, senyawa tersebut dapat mencegah kadar kolesterol jahat atau LDL (Low Density Lipoprotein) di dalam tubuh yang berfungsi menghancurkan penumpukan lemak pada pembuluh darah sehingga membuat jantung tetap sehat.

Namun penting untuk diingat nih Sobat Agri, meski buah ini sangat sehat, akan tetapi kandungan serat yang tinggi di dalamnya bisa menyebabkan kamu mengalami diare apabila kamu mengonsumsinya secara berlebihan.