Banyak yang Salah Kaprah, Begini Loh Cara Tepat Bersihkan Selada

Ilustrasi Selada (Pixabay)

Editor: Dera - Kamis, 3 Juni 2021 | 16:10 WIB

SariAgri - Bagi Sobat Agri penggemar salad, tentu tahu selada, sayuran hijau yang juga disukai para pecinta lalapan. Selain segar, selada disukai karena berbagai kandungan yang baik buat kesehatan.

Seperti halnya sayuran hijau lain, satu hal terpenting dalam mengonsumsi sayuran hijau adalah memastikan kebersihannya sebelum diolah atau dikonsumsi, begitu juga dengan selada. Ini penting untuk memastikan keamanan dan terbebasnya sayuran dari sisa-sisa zat kimia berbahaya, seperti pestisida.

Menurut penelitian di Foodborne Pathogens and Disease, orang yang memiliki risiko lebih tinggi terkena keracunan makanan, termasuk orang tua, anak kecil, orang dengan sistem kekebalan yang lemah dan wanita hamil, harus sangat rajin mengonsumsi produk yang dicuci bersih.

Nah, melansir The Healthy.com, untuk menjamin keamanan selada sebelum disantap, ada beberapa langkah yang bisa Sobat Agri lakukan, di antaranya:

1. Mencuci tangan

Langkah pertama yang perlu diperhatikan sebelum mencuci sayur selada, mulailah dengan mencuci tangan terlebih dahulu dengan sabun. Tips ini juga diajurkan oleh Badan Pengawasan Obat dan Makanan, AS (FDA).

2. Buang daun yang buruk

Singkirkan daun yang rusak atau sobek yang mungkin sudah tidak segar. Menurut penelitian dalam jurnal Food Microbiology, daun yang rusak dapat berfungsi sebagai jalur bagi bakteri untuk hidup dalam sayuran.

3. Buang daun terluar

Daun bagian luar sayuran mungkin lebih rentan terhadap kontaminasi daripada daun bagian dalam, karena kontak langsung dengan lingkungan dan penjamah makanan. Kamu juga dapat membuangnya untuk mencegah lebih banyak paparan bakteri berbahaya.

4. Cuci selada

Idealnya, bersihkan sayuran dibawah air yang mengalir, seperti kran air. CDC juga merekomendasikan menggunakan tangan kamu untuk menyeka daun untuk membantu menyingkirkan tanah atau puing-puing organik.

Baik FDA maupun CDC merekomendasikan penggunaan sabun atau disinfektan untuk mencuci produk.

Kamu juga dapat mencoba menambahkan beberapa cuka atau jus lemon ke dalam larutan air, tetapi menurut CDC, tidak ada bukti bahwa ini membantu menghilangkan bakteri lebih baik daripada air keran.

5. Keringkan selada

Setelah selada dibersihkan, cukup keringkan di atas kain, handuk atau kertas bersih. Kamu bisa menggunakan salad spinner terlebih dahulu atau setelah dikeringkan di permukaan penyerap. Pastikan semuanya bersih.

Baca Juga: Banyak yang Salah Kaprah, Begini Loh Cara Tepat Bersihkan Selada
Ini Dia Sayuran yang Bantu Penderita Diabetes Cegah Masalah Ginjal

Satu hal yang perlu diingat, hindari merendam sayuran dalam mangkuk atau wastafel berisi air. Hal ini memungkinkan kontaminasi menyebar dari daun ke daun, selanjutnya mencemari seluruh sayuran.

Saat membeli sayuran, pilih sayuran yang segar dan tidak rusak atau memar, karena memar dapat meningkatkan potensi bakteri untuk masuk. Pastikan kamu mendinginkan sayuran dalam waktu satu hingga dua jam setelah membelinya. 

Video Terkait