Langkah Serius Surabaya Garap Kawasan Kebun Anggrek Jadi Destinasi Wisata

Seorang warga sedang berkunjung ke Kebun Anggrek di kawasan Sememi, Kota Surabaya, Jatim. (Pemkot Surabaya)

Editor: Reza P - Sabtu, 5 Juni 2021 | 07:00 WIB

SariAgri - Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi meminta fasilitas penunjang wisata Kebun Anggrek dan Rumah Jamur di Jalan Sememi Jaya II, Kecamatan Tandes, Kota Surabaya, Jawa Timur, dilengkapi.

Eri Cahyadi di Surabaya, Jumat (4/5), mengatakan, apabila kawasan Kebun Anggrek ini menjadi destinasi wisata, maka tentu harus ada fasilitas penunjangnya, salah satunya tempat parkir kendaraan bermotor.

"Setelah itu ada lagi green house (tempat budidaya anggrek) yang perlu dikembangkan," katanya.

Apalagi, kata dia, jika wisatawan yang datang itu bersama anak dan keluarganya tentu harus tersedia tempat makan. Untuk itu, Wali Kota Eri menyatakan berencana mengubah penataan kawasan Kebun Anggrek yang dulu merupakan tempat eks lokalisasi Sememi itu.

"Kalau sudah diubah total, warung semua dipindah ada di dalam, sehingga benar-benar menjadi tempat wisata," katanya.

Eri mengaku tidak ingin apabila pemanfaatan aset yang dimiliki pemkot itu berjalan tidak maksimal. Bagi dia, ketika aset itu telah difungsikan, maka harus berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat di sekitar.

"Kalau yang datang wisata itu banyak, secara otomatis ekonominya akan jalan. Insya Allah ini akan saya tata lagi bersama Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah). Sehingga ini menjadi rangkaian tempat wisata yang utuh, secara keseluruhan bisa didatangi keluarga," katanya.

Baca Juga: Langkah Serius Surabaya Garap Kawasan Kebun Anggrek Jadi Destinasi Wisata
Tips Kekinian Ridwan Kamil untuk Promosi Agrowisata Baru di Cianjur

Selain kebun anggrek, sebetulnya di tempat itu juga telah terbangun fasilitas laboratorium yang khusus untuk penelitian tanaman anggrek. Di laboratorium itu, Pemkot Surabaya juga menciptakan corak baru yang unik, hasil persilangan berbagai spesies anggrek.

Dipilihnya anggrek untuk budidaya tanaman, karena sebelumnya pihaknya telah melakukan uji coba penanaman di tengah kota, dan hasilnya pun tumbuh dengan baik. Selain karena indikator udara Surabaya yang bagus, teknik penanaman anggrek juga menjadi salah satu strategi agar tanaman itu bisa tumbuh dengan cepat.