Kenali 6 Jenis Hama Tanaman Rumah yang Mengganggu

Ilustrasi Hama pengganggu. (pixabay)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Senin, 21 Juni 2021 | 13:50 WIB

SariAgri -  Hama seringkali muncul dan mengganggu kehidupan tanaman. Tak hanya di area perkebunan, hama juga bisa muncul di tanaman rumah.

Seringkali kehadiran hama tidak terlihat oleh pemilik tanaman. Selain karena ukuran yang kecil, mereka biasanya bersembunyi di tempat yang tidak terlihat mata.

Melansir Modern Farmer, terdapat enam jenis hama tanaman rumah yang dapat dikenali. Kehadiran hama ini juga bisa menyebabkan kematian pada tanaman.

1. Kutu putih

Kutu putih atau dikenal dengan mealybug merupakan hama yang sering ditemui pada tanaman di rumah. Serangga ini berbentuk oval, terlihat seperti serpihan kecil berwarna putih. Mereka suka menghisap sari-sari tanaman di bawah daun atau di sudut-sudut tanaman.

Untuk menyingkirkannya bisa menggunakan kapas yang sudah dicelupkan ke dalam alkohol kemudian diusapkan ke setiap daun. Selain itu bisa menggunakan campuran minyak mimba (neem) sebanyak satu sendok teh dan 1/2 sendok teh sabun piring dengan 1 liter air. Kocok dalam botol dan semprotkan ke tanaman secara menyeluruh terutama bagian bawah daun.

2. Kutu daun

Kutu daun memiliki ukuran kecil dengan kaki yang cukup panjang. Mereka merupakan pemakan getah tanaman dan biasanya hidup secara berkelompok. Hewan ini berwarna hitam, coklat ataupun hijau.

Cara menyingkirkannya adalah menyemprotkan air dengan tenaga yang kuat dari selang. Jika ada yang tersisa bisa ditekan dengan jari. Alternatif lainnya adalah dengan mencampurkan satu sendok makan sabun cair dengan satu liter air dan semprotkan campuran tersebut ke bagian tanaman yang terkena.

3. Trips

Serangga ini bertubuh kecil dan ramping serta berwarna gelap. Salah satu ciri kehadiran mereka adalah pudarnya warna daun atau bernoda. Cara menyingkirkannya adalah dengan menyemprotkan air. Selain itu, bisa juga dengan cara yang sama seperti membasmi kutu daun.

4. Tungau laba-laba

Kehadiran tungau laba-laba biasanya ditandakan dengan sarang mereka. Mereka biasanya muncul di bawah daun dan lokasi yang kering.

Cara membasminya dengan memusnahkan sarang laba-laba terlebih dahulu lalu semprotkan air yang kuat dari selang. Selain itu juga bisa dengan campuran sabun cair dan air yang disemprotkan ke tanaman.

5. Lalat putih

Baca Juga: Kenali 6 Jenis Hama Tanaman Rumah yang Mengganggu
Jarang Ada yang Tahu, Ini 7 Hama yang Menyerang Tanaman Jahe

Seperti namanya, hama yang satu ini berwarna putih dan tubuh yang kecil. Mereka menghisap sari tanaman dan menyebabkan daun menjadi kuning. Cara membasminya dengan menggunakan perangkap lalat atau semprotkan air ke arah mereka ketika hinggap di tanaman.

6. Agas jamur

Hama yang satu ini berkembang biak di tanah lembab dan memakan akar tanaman. Cara membasminya dengan membiarkan tanah mengering sepenuhnya supaya mereka pergi atau memasang perangkap lalat. Untuk merawat tanah dapat dilakukan dengan melarutkan 3 persen hidrogen peroksida dan air tanah.