Tepung Nangka Hijau Bantu Kontrol Diabetes Tipe 2

Ilustrasi nangka. (Foto: Istimewa)

Editor: M Kautsar - Minggu, 27 Juni 2021 | 19:00 WIB

SariAgri - Mengganti satu sendok makan nasi atau tepung terigu dalam makanan sehari-hari dengan tepung nangka hijau secara signifikan efektif menurunkan kadar glukosa plasma pada pasien dengan diabetes tipe 2.

Penelitian yang dipublikasikan di Nature Journal menemukan bahwa penurunan rata-rata hemoglobin glikosilasi (HbA1c) pada minggu ke-12 secara signifikan lebih tinggi pada pasien yang diberi tepung nangka, sementara mereka yang diberi tepung plasebo telah melaporkan sedikit peningkatan HbA1c pada pekan ke-12.

Dilansir dari Indian Express, penelitian dilakukan oleh A Gopal Rao, K Sunil Naik, AG Unnikrishnan dan James Joseph, yang mengevaluasi kemanjuran tepung nangka hijau.

Nangka365 adalah produk yang dipatenkan yang terbuat dari 100 persen nangka hijau mentah India yang matang, sebagai bagian integral dari makanan sehari-hari.

Pasien dari kedua jenis kelamin berusia 18 hingga 60 tahun dengan diagnosis DMT2 menerima tepung nangka 30 g/hari (Grup A) dan tepung plasebo (Grup B) untuk sarapan dan makan malam setiap hari selama 12 minggu menggantikan volume yang sama dari tepung beras atau tepung terigu.

Pasien dari Grup A mengalami penurunan HbA1c, FPG, dan PPG yang secara signifikan lebih tinggi dari pada Grup B dari awal hingga minggu ke-12.

Ini yang menunjukkan kemanjuran tepung nangka dalam kontrol glikemik sebagai terapi nutrisi medis menggantikan volume yang sama dari beras atau tepung terigu dalam makanan sehari-hari.

Video Terkait