Dua Komoditas Unggulan Cilacap Ini Punya Potensi Besar Tembus Pasar Ekspor

Karantina Pertanian Cilacap, Kementerian Pertanian menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Ekspor manggis dan durian. (Barantan)

Editor: Arif Sodhiq - Selasa, 29 Juni 2021 | 16:50 WIB

SariAgri - Dua komoditas buah asal Kabupaten Cilacap yaitu manggis dan durian memiliki potensi menembus pasar ekspor. Karantina Pertanian Cilacap, Kementerian Pertanian menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Ekspor khusus untuk dua komoditas itu.

"Potensi buah yang ada di Kabupaten Banyumas dan Cilacap ini sangat besar dan berpeluang besar menembus pasar ekspor," ujar Kepala Karantina Pertanian Cilacap, Dwi Astuti Yuniasih.

Dwi menjelaskan dengan bimtek diharapkan agar para petani buah di wilayah kerjanya mampu menghasilkan kualitas komoditas layak ekspor serta dapat langsung mengekspornya.

“Manggis Cilacap sebenarnya telah menembus pasar ekspor, namun dilakukan melalui eksportir yang ada di Kabupaten Tasikmalaya. Harapan kami dari kegiatan ini, Cilacap mampu mengekspor manggisnya secara mandiri sehingga dapat memberikan nilai lebih untuk PAD Kabupaten Cilacap,” jelasnya.

Salah seorang eksportir Manggis asal Tasikmalaya, Aji Gunawan membagikan pengalamannya dalam kegiatan ekspor buah, khususnya manggis ke negara tujuan Cina sebagai pasar terbesar. Aji mencerotakan mulai dari cara registrasi kebun, rumah kemas, cara pengemasan dan perjalanannya dari awal merintis hingga kebanjiran pesanan buah-buahan dari luar negeri.

Aji menambahkan pihaknya siap membantu pemasaran, meski nantinya ekspor dilakukan dari Cilacap. Menurut dia, pasar luar negeri sangat meminati buah-buahan segar yaitu buah yang diolah secara organik, ukuran tidak terlalu besar dan berkualitas.

Dalam bimtek itu, Kepala Seksi Pasca Panen, Pengolahan dan Pemasaran Hortikultura Dinas Pertanian Kabupaten Cilacap, Mahbub Junaedi menampung masukan dan kendala para petani manggis yang berada di bawah wilayah Cilacap.

“Saya senang dengan adanya acara ini karena petani dapat secara langsung menyampaikan kendala yang dihadapinya. Kami akan berkoordinasi untuk dapat mencarikan solusinya dalam waktu dekat," ungkapnya.

Baca Juga: Dua Komoditas Unggulan Cilacap Ini Punya Potensi Besar Tembus Pasar Ekspor
Tahun Ini, Penang Terancam Kekurangan Pasokan Durian

Secara terpisah, Kepala Badan Karantina Pertanian, Bambang, mengatakan pihaknya terus mendukung peningkatan ekspor melalui unit pelaksana teknis di bawahnya.

“Tangan kami selalu terbuka bagi masyarakat yang ingin mendapatkan informasi dan konsultasi mengenai ekspor komoditas pertanian. Bimtek yang masif diharapkan dapat lebih membuka kesempatan para petani untuk menembus pasar ekspor dan lebih mendunia,” pungkasnya.

Video Terkait