Selain Menyegarkan, Rasa Melon Kasaba Ternyata Mirip Seperti Timun

Ilustrasi buah melon.(Pixabay)

Editor: Dera - Kamis, 1 Juli 2021 | 16:50 WIB

SariAgri - Melon Kasaba atau yang dikenal sebagai melon madu dinilai memiliki rasa yang mirip seperti timun. Dagingnya hijau pucat dengan rasa agak manis yang segar di lidah.

Melansir Delighted Cooking, melon madu dinamakan Kasaba karena berasal dari Turki. Pada akhir abad ke-19 ia diimpor ke Amerika Serikat. Meskipun buah ini asli dari Asia tetapi ia ditanam secara komersial di Amerika Selatan dan barat daya Amerika Serikat yakni California dan Arizona.

Menyajikan melon kasaba sama seperti melon lainnya. Dia dapat langsung dimakan atau disajikan sebagai salad buah. Melon kasaba juga dapat digunakan sebagai bahan jus, koktail atau sup dingin.

Selain itu, melon kasaba dapat disatukan dengan bahan makanan seperti kari, daging yang diawetkan, santan, jahe dan keju asin.

Melon ini merupakan kultivar dari spesies yang sama yaitu cucumis melo atau dikenal muskmelon. Melon madu tidak beraroma seperti varietas melon lainnya dan menyebabkannya kurang populer.

Namun melon ini memiliki manfaat dari umur simpan yang lama dan daging yang berair dengan rasa yang ringan. Banyak orang menilai rasanya lebih mirip mentimun ketimbang melon.

Baca Juga: Selain Menyegarkan, Rasa Melon Kasaba Ternyata Mirip Seperti Timun
Selain Menyegarkan, Rasa Melon Kasaba Ternyata Mirip Seperti Timun

Ciri-ciri melon ini memiliki kulit kuning cerah yang tebal. Tampilannya berbeda dengan melon lainnya. Kulit kasaba halus dan berkerut dengan alur memanjang. Melon ini berukuran satu hingga dua kilogram.

Biasanya melon madu akan panen di musim panas dan musim dingin. Melon madu yang matang di pohon memiliki rasa yang lebih kuat daripada yang matang di tempat buah. Biasanya kematangan ini ditandai dengan warna kuning yang cerah dan ujungnya yang sedikit mekar.

Meski demikian, melon madu yang tidak matang masih bisa menunggu dua sampai empat hari setelah dipetik dari pohonnya.

Video Terkait