Jarang Ada yang Tahu! Ini Jawaban Kenapa Daun Janda Bolong Bisa Berlubang

Ilustrasi tanaman monstera atau janda bolong. (Unsplash)

Penulis: Rashif Usman, Editor: Reza P - Jumat, 2 Juli 2021 | 11:15 WIB

SariAgri - Janda bolong merupakan salah satu tanaman hias yang banyak dikoleksi bagi pecinta tanaman. Bernama latin monstera adansonii ini, harga tanaman cantik ini pernah mencapai harga fantastis hingga ratusan juta rupiah beberapa waktu lalu.

Perlu diketahui, janda bolong merupakan tanaman yang termasuk dalam keluarga araceae dari marga monstera. Diberi nama janda bolong karena bagian tengah daunnya terdapat lubang. Lalu, kenapa daun janda bolong berlubang? ternyata ini alasannya.

Dengan bentuknya yang menarik, mungkin Sobat Agri penasaran kenapa daun janda bolong memiliki daun yang berlubang. Lubang tersebut dikarenakan terbentuknya mekanisme alami.

Pasalnya, habitat asli janda bolong terdapat di alam atau hutan. Tanaman ini hidup secara semi epifit atau tumbuhan yang akarnya tetap sampai tanah, merambat dan menempel pada tanaman lain. Oleh karenanya, janda bolong tertutupi daun pohon besar lainnya sehingga paparan sinar matahari tidak menyinari semua bagian tanaman ini.

Janda bolong melakukan mutasi pada bagian daun, supaya tetap mendapatkan cahaya matahari. Daun-daun yang berlubang inilah yang memudahkan sinar matahari tembus hingga ke bagian bawah batang dan akar. Hal ini lah yang membuat struktur daun tanaman memiliki lubang.

Baca Juga: Jarang Ada yang Tahu! Ini Jawaban Kenapa Daun Janda Bolong Bisa Berlubang
Mampu Usir Serangga, Begini Cara Mudah Menanam Lavender

Namun, pendapat lain juga mengungkapkan jika janda bolong sengaja membuat lubang agar tahan angin badai yang kencang. Selain itu, ada juga yang menyebutkan jika janda bolong melubangi daunnya untuk membiarkan air bersentuhan dengan akarnya.

Beberapa pendapat tersebut belum bisa dipastikan kebenarannya, sehingga timbul banyak spekulasi alasan daun janda bolong bisa berlubang.