4 Tips Sederhana Memilih Buah Semangka yang Matang Sempurna

Buah Semangka (Pexels)

Penulis: Rashif Usman, Editor: Tatang Adhiwidharta - Senin, 5 Juli 2021 | 11:30 WIB

SariAgri -  Semangka merupakan salah satu buah yang digemari oleh masyarakat Tanah Air. Memiliki rasa yang manis, buah satu ini mudah ditemui baik di pasar tradisional maupun swalayan.

Diketahui semangka memiliki rasa yang enak dan menyegarkan, buah ini juga kaya akan kandungan vitamin A, C dan asam amino yang membantu untuk meningkatkan sirkulasi darah dan mengurangi nyeri otot.

Semangka bisa dikonsumsi dengan cara dimakan langsung, dijadikan salad buah ataupun dibuat smoothies. Namun, sebelum Sobat Agri mengonsumsi semangka, perhatikan benar-benar ciri-ciri buah semangka yang sudah matang sempurna.

Ini tips sederhana memilih semangka yang matang sempurna, seperti dikutip dari Brightside.

1. Perhatikan Tangkai

Ilustrasi tangkai buah semangka (Brightside)
Ilustrasi tangkai buah semangka (Brightside)

Salah satu cara memilih buah semangka manis dan matang sempurnya adalah memerhatikan tangkai buah. Pasalnya, tangka yang sudah kering menandkan buah semangka sudah matang. Namun, jika tangkainya masih berwarna hijau, semangka tersebut belum matang.

2. Periksa Ukuran Semangka

Ilustrasi ukuran semangka (Brightside)
Ilustrasi ukuran semangka (Brightside)

Cara kedua memilih buh semangka yang matang adalah dengan memeriksa ukuran semangka. Ada baiknya tidak memilih buah semangka yang berukuran paling besar maupun yang paling kecil.

Baca Juga: Mudah Dilakukan, Begini Cara Membasmi Hama Tanaman dengan Bawang Putih
Tips Sederhana Mengolah Kulit Bawang Menjadi Pupuk, Pestisida dan ZPT

Maka dari itu, buah semangka yang manis bisa didapatkan dari buah yang berukuran sedang. Pilihlah semangka yang terasa berat karena isi dagingnya bukan hanya karena besar atau kecil ukurannya.

3. Memberi Sedikit Ketukan

Ilustrasi Buah Semangka (Pixabay)
Ilustrasi Buah Semangka (Pixabay)

Ketuk buah semangka terlebih dahulu sebelum membelinya. Cara ini dilakukan untuk memerika kepadatan daging buah. Semangka yang memiliki banyak rongga didalamya akan berbunyi nyaring saat diketuk. Sedangkan semangka yang matang akan mengeluarkan suara yang berat saat diketuk.

Baca Juga: 4 Tips Sederhana Memilih Buah Semangka yang Matang Sempurna
Mudah Dilakukan, Begini Cara Membasmi Hama Tanaman dengan Bawang Putih



4. Perhatikan Bercak Kekuningan

Ilustrasi bercak kekuningan semangak (Brightside)
Ilustrasi bercak kekuningan semangak (Brightside)

Bercak kekuninan atau yang dikenal dengan field spot merupakan tanda dimana semangka diletakkan di tanah. Bercak ini juga bisa menandakan indikator kematangan buah. Semakin lebar dan berwarna kuning bercak itu, berarti semangka juga telah ditanam cukup lama.

Sedangkan semangka yang memiliki bercak kekuningan berukuran kecil dengan warna putih, itu menandkan bahwa semangka tersebut dipanen lebih awal sebelum benar-benar matang.

Video Terkait