Mengenal Puchitto, Varietas Semangka Baru di Jepang

Ilustrasi semangka. (pixabay)

Editor: Dera - Rabu, 14 Juli 2021 | 16:10 WIB

SariAgri - Semangka memang buah yang memberikan sensasi menyegarkan. Selain bagus untuk kesehatan, kandungan air yang melimpah dalam semangka juga bisa mencegah dehidrasi. Namun, ada salah satu yang menyebabkan seseorang malas mengonsumsinya, yaitu bijinya yang banyak. 

Melihat hal tersebut, perusahaan benih di kota barat Jepang melakukan penelitian selama dua dekade untuk menghasilkan varietas semangka yang besar dengan biji yang sangat kecil. Tujuannya agar setiap bisa mengonsumsinya tanpa khawatir akan biji semangka.

Perusahaan benih bernama Hagihara Farm Co. tersebut mengambil langkah khusus di bidang benih dan bibit semangka serta melon. Mereka mengembangkan varietas benih sekitar seperdelapan ukuran semangka biasa.

Varietas tersebut dinamakan Puchitto, yakni sebuah onomatopoeia (kata-kata yang mengekspresikan bunyi) di Jepang untuk sensasi meletus. Nama itu sebagai penggambaran ketika menggigit biji semangka.

Kehadiran Puchitto untuk meminimalisir biaya dalam proses penanaman. Hal tersebut karena semangka tanpa biji yang banyak dijual di pasaran membutuhkan biaya yang tinggi dan perhatian yang besar.

Hagihara Farm akhirnya menyilangkan semangka jenis kecil dengan benih ultra-kecil yang diintroduksi dari luar negeri dan varietas unggul perusahaan. Setidaknya dibutuhkan waktu 10 tahun untuk mengembangkan varietas semangka yang lezat.

Baca Juga: Mengenal Puchitto, Varietas Semangka Baru di Jepang
Tujuh Cara Tepat Kendalikan Serangan Penyakit pada Tanaman Labu-labuan

"Ini adalah permata, kristalisasi dari semua kerja keras yang saya warisi dari rekan-rekan senior saya," kata Toshikazu, pengawas perkembangan Puchitto seperti diberitakan Mainichi.

Beberapa semangka Puchitto telah dijual sebagai percobaan. Nantinya mereka akan memeriksa hasil pertumbuhan di berbagai lokasi, reaksi konsumen dan data lainnya.

"Saya ingin orang mengambil gigitan besar tanpa mempedulikan benih," tuturnya