Kenali 7 Penyakit pada Tanaman Tomat dan Cara Mengatasinya

Ilustrasi penyakit pada tanaman tomat. (pixabay)

Editor: Dera - Kamis, 15 Juli 2021 | 15:50 WIB

SariAgri - Serangan hama tentu dapat membuat tanaman menjadi rusak. Mulai dari buah yang tiba-tiba membusuk atau daun sayuran mendadak layu dan mati.

Bagi para pemula, serangan penyakit tanaman semacam ini mungkin membuat panik. Untuk itulah, informasi seputar hama tanaman penting untuk diketahui, terutama bagi mereka yang ingin mencoba memulai aktivitas berkebun dan menanam tomat.

Nah, buat Sobat Agri yang ingin menanam tomat, berikut sejumlah hama penyakit yang umumnya menyerang dan bagaimana cara mengatasinya.

1. Kutu daun dan lalat putih

Kutu daun dan lalat putih adalah serangga penghisap getah kecil yang dapat muncul pada tanaman dalam jumlah besar. Serangan hama ini dapat menimbulkan penyakit pada tanaman dan dapat menular pada tanaman lain. Untuk mengatasi hama ini, cara termudah adalah dengan menyemprotkan air campuran sabun pada tanaman, termasuk bagian bawah daun.

2. Tungau laba-laba

Tungau laba-laba adalah serangga kecil yang sulit dilihat dengan mata telanjang, tetapi bisa sangat merusak tanaman. Serangga ini tumbuh subur dalam kondisi hangat dan kering. Mereka dapat dengan cepat melemahkan tanaman. Jaring mereka dapat terlihat apabila diamati dengan seksama, berada di sekitar tanaman.

Sebagai solusi, jangan biarkan tomat mengering. Jika tungau laba-laba menyerang, semprotkan seluruh tanaman dengan kabut air yang halus. Tutupi tanaman dengan penutup selama beberapa hari untuk menciptakan kondisi teduh dan lembab yang tidak disukai tungau.

3. Cacing tomat

Cacing tomat adalah ulat yang mengunyah lubang pada buah tomat. Cara terbaik mengatasi hama ini adalah dengan rutin memeriksa tanaman tomat untuk mencari tanda-tanda kerusakan serta musnahkan cacing tanduk yang ditemukan. Hama ini sebaiknya disingkirkan saat masih menjadi larva dengan memeriksa daun pada tanaman.

4. Hawar daun

Hama hawar daun lazimnya menyerang pangkal daun, menimbulkan bercak berwarna hijau hingga cokelat dan berair. Selain daun, penyakit ini dapat menyebar ke bagian batang, tangkai dan buah tomat. Hawar daun berkembang terutama pada kelembaban yang tinggi. Biasanya dimulai pada daun yang lebih rendah sebagai bintik-bintik coklat yang membesar dan bagian bawah daun menguning.

Solusinya yaitu kupas daun bagian bawah saat buah berkembang. Pastikan tomat matang memiliki paparan sinar matahari yang maksimal. Berikan banyak ruang untuk tanaman. Semprotan belerang atau biofungisida Serenade dapat memperlambat atau mencegah perkembangan jamur lebih lanjut pada tanaman yang tersisa.

5. Hama busuk daun

Hama yang kerap muncul saat cuaca hangat dan basah ini ini cukup fatal jika menyerang tanaman. Bercak cokelat pertama muncul pada daun dan batang tomat, kemudian buahnya. Akhirnya, tanaman akan layu dan mati.

Hama ini dapat diatasi dengan cara memusnahkan tanaman yang terinfeksi hawar setelah terlihat tanda-tanda penyakit. Saat menyiram, berhati-hatilah untuk menghindari percikan daun. Sebelum menanam, ada baiknya mencari varietas yang 'tahan penyakit busuk'.

6. Penyakit busuk ujung bunga

Busuk ujung bunga menyebabkan bercak hitam cekung di ujung mekar buah tomat. Ini adalah penyakit umum yang disebabkan oleh kondisi tanah kering yang mengakibatkan kekurangan kalsium pada tanaman. Tanaman dalam wadah sangat rentan. Hal ini disebabkan oleh penyiraman yang tidak merata (siklus basah-kering di tanah) dan juga terlalu banyak nitrogen.

Cara mengatasinya, jangan biarkan tanah terlalu mengering. Jaga agar tanah tetap lembab, misalnya dengan menggunakan mulsa. Untuk perbaikan cepat, rawat tanaman dengan semprotan kalsium. Beri makan tanaman tomatmu secara teratur dengan pupuk tomat cair.

7. Penyakit Daun Menguning

Tanaman dan daun tomat dapat layu ketika tanah terlalu basah atau terlalu kering. Terlalu basah dan akarnya benar-benar tenggelam, sementara tanah yang sangat kering tidak akan menyediakan semua kelembaban yang dibutuhkan tanaman. Akibatnya, daun tomat tampak menguning kemudian layu.

Baca Juga: Kenali 7 Penyakit pada Tanaman Tomat dan Cara Mengatasinya
Bawa Malapetaka, Waspadai Serangan Jamur Putih pada Tanaman Tomat

Solusi mengatasinya adalah dengan memerhatikan penyiraman. Rajin menyirami tanaman saat cuaca kering atau atur sistem irigasi dengan pengatur waktu.

Tanaman dewasa dengan banyak dedaunan mungkin perlu disiram dua kali sehari. Pastikan wadah memiliki lubang drainase yang luas di dasarnya sehingga kelebihan air dapat mengalir keluar dan angkat ke atas kaki pot jika air tidak mudah mengalir.

Video Terkait