Mengenal Jeruk Darah, Buah Anti Kanker yang Kaya Antioksidan

Ilustrasi buah jeruk darah. (pixabay)

Editor: Dera - Rabu, 21 Juli 2021 | 15:20 WIB

SariAgri - Jeruk darah adalah buah jeruk yang dikenal karena warnanya yang cerah dengan daging buah berwarna merah tua. Warna unik pada jeruk darah diperoleh dari senyawa tertentu yang dikenal dengan anthocyanin.

Buah yang kaya antioksidan esensial, vitamin, dan mineral ini bahkan telah dikaitkan dengan beberapa manfaat kesehatan yang kuat. Berikut 7 manfaat jeruk darah yang baik untuk kesehatan seperti dikutip Healthline.

Kaya nutrisi

Jeruk darah rendah kalori tetapi tinggi serat, vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Jeruk darah juga mengandung vitamin C dalam jumlah tinggi. Vitamin C adalah mikronutrien penting yang bertindak sebagai antioksidan dan memainkan peran kunci dalam fungsi kekebalan tubuh

Seperti buah jeruk lainnya, jeruk darah mengandung banyak vitamin dan mineral penting untuk kesehatan seperti, kalium, folat, tembaga, magnesium dan vitamin B. Selain itu, jeruk darah mengandung beberapa senyawa antioksidan seperti, asam hidroksisinamat, asam kafeat, asam ferulat dan asam kumarat.

Menurunkan berat badan

Jeruk darah merupakan jenis makanan yang sehat untuk diet penurunan berat badan. Jeruk darah tidak hanya rendah kalori, tetapi juga tinggi serat. Serat melewati saluran pencernaan dengan sangat lambat, sehingga membantu perut tetap kenyang lebih lama dengan memperpanjang proses pencernannya.

Nutrisi terbaik untuk kehamilan

Jeruk darah mengandung beberapa nutrisi yang penting untuk mendorong pertumbuhan dan perkembangan yang sehat selama kehamilan. Folat, misalnya, diperlukan untuk mencegah cacat tabung saraf dan cacat lahir lainnya.

Selain itu, serat dapat membantu mencegah beberapa masalah selama kehamilan, termasuk diabetes, sembelit, dan preeklamsia.

Menariknya, beberapa penelitian juga menemukan bahwa makan lebih banyak buah jeruk selama kehamilan bermanfaat bagi anak-anak di kemudian hari. Satu penelitian menunjukkan bahwa anak-anak dari ibu yang makan lebih banyak buah jeruk selama kehamilan cenderung tidak mengalami hiperaktif, atau gangguan masalah emosional dan perilaku selama masa kanak-kanak.

Meningkatkan fungsi kekebalan tubuh

Kandungan vitamin C yang tinggi pada jeruk darah dapat membantu meningkatkan fungsi kekebalan tubuh, melindungi dari penyakit dan infeksi. Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa asupan vitamin C dapat membantu mengurangi durasi infeksi saluran pernapasan atas, dan mengurangi keparahannya.

Memelihara kesehatan usus

Jeruk darah adalah sumber serat yang bagus, Serat dapat melunakkan tinja dan mencegah sembelit. Menambahkan lebih banyak serat ke dalam makanan dapat membantu meningkatkan kesehatan mikrobioma usus, yaitu komunitas bakteri menguntungkan yang ditemukan di saluran pencernaan.

Anti kanker

Jeruk darah kaya akan antioksidan penangkal kanker, senyawa yang memberi warna berbeda pada buahnya. Antioksidan lain yang ditemukan dalam jeruk darah juga terbukti memiliki efek anti kanker, termasuk asam caffeic, ferulic, dan coumaric

Baca Juga: Mengenal Jeruk Darah, Buah Anti Kanker yang Kaya Antioksidan
Banyak Diekspor, Ternyata Ini Manfaat Lain Daun Jeruk Purut

Serbaguna dan enak

Jeruk darah memiliki rasa yang sedikit manis, asam, dan tajam yang cocok untuk berbagai resep makanan. Jeruk darah merupakan buah yang mudah dikreasikan untuk banyak makanan penutup seperti panna cotta hingga es krim dan sorbet,

Mirip dengan buah jeruk lainnya, jeruk darah juga bisa dinikmati sebagai camilan sederhana saat bepergian, tinggal kupas dan siap dinikmati.