Jangan Dibuang, Ini Manfaat Menakjubkan Konsumsi Pisang Berbintik Hitam

Ilustrasi pisang berbintik hitam. (pixabay)

Editor: Dera - Rabu, 21 Juli 2021 | 19:10 WIB

SariAgri - Selain digemari masyarakat, pisang merupakan buah yang mempunyai manfaat luar biasa bagi tubuh. Jenisnya pun sangat beragam, mulai dari pisang ambon, pisang raja, pisang kepok dan masih banyak yang lainnya.

Namun pernahkah Sobat Agri menemukan pisang yang sudah berbintik hitam? sebagian orang mungkin sengaja menghindarinya karena terlihat kurang menarik, padahal pisang berbintik hitam ternyata sangat baik untuk kesehatan.

Dalam keadaan masak, pisang mengandung zat Tumor Necrosis Factor (TNF) yang bermanfaat untuk melawan sel-sel abnormal. TNF juga disebut sitokin yaitu zat yang disekresikan pada sistem kekebalan tubuh. 

Karena itulah, pisang masak mengeluarkan bintik-bintik hitam pada kulitnya. Semakin banyak bintik-bintik hitamnya, maka kandungan TNF nya semakin tinggi. Jika dikonsumsi dalam keadaan berbintik, maka kekebalan imun kita dari penyakit akan semakin kuat.

Penelitian di Jepang menunjukkan bahwa pisang matang dengan kandungan TNF berfungsi sebagai antikanker. Pasalnya, pisang matang memiliki sifat antioksidan yang tinggi.

Pisang matang berbintik hitam merangsang produksi sel darah putih dan meningkatkan kekebalan tubuh. Pisang matang berbintik hitam 8 kali lebih sehat daripada pisang segar tanpa bintik-bintik, karena bisa memaksimalkan fungsi sel darah putih.

Untuk menjaga agar kandungan nutrisi pisang bertahan lama, simpanlah pisang masak dengan bintik coklat ini di lemari es. Penyimpanan di lemari es bertujuan untuk menghentikan penyusutan nutrisi yang terkandung dalam pisang.

Baca Juga: Jangan Dibuang, Ini Manfaat Menakjubkan Konsumsi Pisang Berbintik Hitam
Tidak Terduga, Ini Manfaat Pisang untuk Kesehatan dan Kecantikan

Penyimpanan di lemari es juga penting karena pisang matang dengan bintik-bintik cokelat merupakan kondisi terbaik untuk dikonsumsi.

Meski demikian, hindari mengonsumsi pisang yang terlalu matang dengan warna kulit yang hamper berubah sepenuhnya menjadi warna cokelat, karena hal tersebut menandakan bahwa pisang akan segera membusuk.

 

Video Terkait