Bisa Dicoba di Rumah, Ini 6 Obat Alami yang Meredakan Sakit Kepala

Ilustrasi - Jahe salah satu bahan minuman fungsional. (Pixabay)

Editor: Dera - Kamis, 22 Juli 2021 | 17:00 WIB

SariAgri - Sakit kepala bisa dialami oleh siapa saja dan seringkali muncul secara tiba-tiba. Sehingga masalah kesehatan yang satu ini kerap dikeluhkan dan terasa sangat mengganggu.

Melansir berbagai sumber, terdapat beberapa macam sakit kepala yang biasa menyerang. Yakni sakit kepala karena ketegangan, migrain, klaster yang muncul di belakang mata, dan sinus yang sampai menimbulkan tekanan di dahi sampai pipi.

Namun, jika Sobat Agri mengalami sakit kepala tak perlu khawatir, pasalnya tim Sari Agri telah merangkum berbagai sumber terkait obat sakit kepala alami yang bisa diterapkan di rumah:

1. Minyak atsiri

Minyak atsiri atau minyak esensial lavender dan peppermint bisa membantu menghilangkan sakit kepala jenis ketegangan. Untuk mendapatkan manfaatnya, Sobat Agri cukup mengambil minyak lavender atau peppermint lalu dioleskan ke bagian pelipis.

2. Kopi atau teh

Bagi Sobat Agri yang tidak sensitif terhadap kafein, minum minuman yang mengandung kafein seperti kopi atau teh mampu mengatasi sakit kepala ringan.

Kafein dapat membantu menyempitkan pembuluh darah dan mengurangi gejala sakit kepala. Tetapi perlu diketahui, minum kopi atau teh tidak dianjurkan bagi Sobat Agri yang sedang mengalami sakit kepala karena gejala penarikan kafein saat diet minum kopi atau teh.

3. Jahe

Jahe juga bisa menjadi obat alami mengatasi sakit kepala karena mengandung senyawa bermanfaat seperti antioksidan dan antiperadangan. Selain menghilangkan sakit kepala, jahe juga dapat membantu mengurangi mual dan muntah yang biasanya menyertai sakit kepala parah.

4. Gunakan kompres dingin atau panas

Bagi Sobat Agri yang mengalami migrain atau tipe sakit kepala yang menjalar dari satu area dan menyebar ke area lain, gunakan kompres dingin sebagai obat sakit kepala alami.

Sobat Agri cukup menyiapkan es batu yang dibalut handuk kecil atau lap bersih kecil sebagai kompres. Setelah itu, tempelkan kompres dingin ke bagian kepala yang tidak nyaman.

5. Pijat

Memijat di sejumlah bagian tubuh bisa membantu mengatasi sakit kepala, terutama sakit kepala jenis ketegangan. Bagian tubuh yang dipijat atau diurut saat sakit kepala kambuh biasanya bagian belakang leher, mencubit bagian atas hidung, area di antara alis, pelipis, sampai ke rahang. Memijat leher di dekat pangkal tengkorak juga dapat membantu meredakan ketegangan.

Baca Juga: Bisa Dicoba di Rumah, Ini 6 Obat Alami yang Meredakan Sakit Kepala
Seduh Jahe dengan Air Mendidih, Jangan! Ini Alasan Pakar

6. Yoga atau meditasi

Yoga atau meditasi merupakan latihan pernafasan yang bisa membantu mengatasi sakit kepala. Pasalnya, yoga atau meditasi membuat tubuh menjadi rileks.

Cara ini bisa Sobat Agri lakukan terutama yang mengalami sakit kepala jenis klaster. Salah satu caranya dengan mengambil napas panjang dan perlahan lalu hitung sampai lima, kemudian baru lepaskan pelan-pelan. Ulangi sampai beberapa kali hingga sakit kepala mereda.