Ini 5 Manfaat Temulawak untuk Kesehatan di Tengah Pandemi COVID-19

ilustrasi temulawak (pxhere)

Penulis: Rashif Usman, Editor: Arif Sodhiq - Jumat, 23 Juli 2021 | 06:00 WIB

SariAgri -  Temulawak merupakan salah satu tanaman obat yang umum dikenal masyarakat Tanah Air. Biasanya temulawak dikonsumsi sebagai jamu untuk meningkatkan nafsu makan anak. Padahal, khasiat temulawak tidak hanya itu saja.

Tanaman dengan nama latin curcuma zanthorrhiza ini punya banyak manfaat kesehatan. Rimpang temulawak mengandung kurkumin, pati, protein, minyak atsiri, lemak, selulosa, dan mineral. Dengan kandungan tersebut, temulawak diyakini dapat menjaga imunitas tubuh sehingga mencegah paparan virus selama pandemi COViD-19. Nah, Sobat Agri ingin tahu manfaat lain dari temulawak?

Ini 5 manfaat temulawak untuk kesehatan di tengah pandemi, dikutip dari berbagai sumber.

1. Menambah Nafsu Makan

Manfaat temulawak untuk meningkatkan nafsu makan sudah menjadi hal umum yang banyak orang tahu. Maka dari itu, kita sering menemukan temulawak pada daftar bahan suplemen penambah nafsu makan anak.

Padahal, jauh sebelum maraknya suplemen khusus untuk anak tersebut, orang-orang terdahulu sudah memanfaatkan temulawak. Untuk merasakan manfaat temulawak sebagai penambah nafsu makan, cara yang paling mudah adalah dengan membuatnya menjadi jamu.

2. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Temulawak bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Seperti yang diketahui, virus COVID-19 menginfeksi orang yang memiliki daya tahan tubuh rendah. Oleh karenanya, mengonsumsi temulawak secara rutin bisa menjadi salah satu cara mencegah paparan virus.

3. Mencegah Infeksi Virus dan Bakteri

Temulawak mengandung berbagai vitamin, seperti Vitamin c, vitamin e, dan vitamin B16. Selain vitamin-vitamin tersebut, dalam temulawak juga terdapat kandungan potasium dan zat besi. Dari semua kandungan tersebut, temulawak diyakini memiliki manfaat mencegah penularan virus corona.

Baca Juga: Selain untuk Estetika, Ini 4 Manfaat Batu Kerikil pada Tanaman Hias
Kebiasan dan Sering Bungkus Cabai dengan ini Bisa Memicu Kanker

4. Mencegah Radang

Temulawak mengandung senyawa anti radang yang diklaim bisa menghambat produksi prostaglandin E2 yang memicu peradangan. Kandungan anti radang pada temulawak juga bisa membantu mengatasi penyakit akibat peradangan di dalam tubuh, seperti radang sendi.

Baca Juga: Ini 5 Manfaat Temulawak untuk Kesehatan di Tengah Pandemi COVID-19
Selain untuk Estetika, Ini 4 Manfaat Batu Kerikil pada Tanaman Hias



5. Mengobati Masalah Pencernaan

Temulawak diyakini bisa merangsang aktivitas kantung empedu dalam menghasilkan cairan empedu, sehingga ampuh mengobati berbagai masalah pencernaan, seperti diare dan sembelit.

Video Terkait