Buah Tomat Ternyata Dapat Mengirim Peringatan Pada Tanaman Saat Diserang Hama Ulat

Ilustrasi - Tanaman tomat. (Pixabay)

Editor: Reza P - Jumat, 23 Juli 2021 | 16:00 WIB

SariAgri - Dapatkah buah berkomunikasi dengan tanaman? Ternyata, bisa. Baru-baru ini,  penelitian terbaru mengungkap fakta bahwa buah tomat dapat berkomunikasi dan mengirimkan peringatan pada tanaman induk saat diserang ulat.

Selama ini diketahui, getah biasanya hanya mengalir dari tanaman ke buah, dan tidak bolak-balik di antara keduanya. Fakta ini memunculkan pertanyaan, apakah buah dapat berkomunikasi pada tanaman induknya.

Untuk menjawab pertanyaan ini, seperti dilaporkan New Atlas, para ilmuwan di Universitas Federal Brasil Pelotas memulai dengan menempatkan tanaman tomat di dalam sangkar Faraday. Dengan fasilitas penelitian berbentuk ruang penutup berbahan penghantar listrik itu, para peneliti memblokir semua medan elektromagnetik eksternal.

Kemudian, elektroda dilekatkan pada ujung cabang tanaman, pada titik di mana mereka terhubung ke buah.

Memanfaatkan elektroda tersebut, para peneliti mengukur respons listrik di dalam cabang sebelum, selama dan setelah periode 24 jam di mana buah diserang oleh ulat Helicoverpa armigera. Algoritma berbasis pembelajaran mesin digunakan untuk mendeteksi pola dalam sinyal yang dikodekan ulang.

Hasilnya, ditemukan bahwa ada "perbedaan yang jelas" pada pola yang terdeteksi sebelum dan sesudah serangan ulat. Selain itu, respon biokimia defensif diamati di seluruh tubuh tanaman, menunjukkan bahwa mereka telah dipicu oleh sinyal yang dikirim oleh buah-buahan.

"Karena buah-buahan adalah bagian dari tanaman, terbuat dari jaringan daun dan batang yang sama, mengapa mereka tidak dapat berkomunikasi dengan tanaman dan menginformasikannya tentang apa yang mereka alami, seperti halnya daun biasa?" tanya Dr. Gabriela Niemeyer Reissig, penulis pertama makalah tentang penelitian ini.

"Apa yang kami temukan adalah bahwa buah-buahan dapat berbagi informasi penting seperti serangan ulat, yang merupakan masalah serius bagi tanaman,  dengan bagian tanaman lainnya, dan itu mungkin dapat mempersiapkan bagian lain dari tanaman untuk serangan yang sama," ungkapnya.

Baca Juga: Buah Tomat Ternyata Dapat Mengirim Peringatan Pada Tanaman Saat Diserang Hama Ulat
Peneliti: Racun Ulat Berbisa Bisa Digunakan untuk Pengendalian Hama

Para ilmuwan saat ini berencana untuk menyelidiki apakah tanaman buah lain berperilaku dengan cara yang sama seperti tomat, dan apakah buah dapat merespons ancaman selain serangga.

Temuan ini diharapkan dapat meningkatkan pendeteksian awal serangan hama pada tanaman, serta peningkatan kualitas buah dan ketahanan hama. Sebagai catatan, makalah terbaru ini telah diterbitkan dalam jurnal Frontiers in Sustainable Food Systems.

Video Terakit:

Video Terkait