Bikin Kulit Sehat, Ini 4 Alasan Mengonsumsi Labu Siam

Ilustrasi Labu Siam. (Freepik)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Jumat, 23 Juli 2021 | 16:10 WIB

SariAgri - Labu siam atau jipang merupakan tumbuhan suku labu-labuan (Cucurbitaceae) yang dapat dimakan buah dan pucuk mudanya. Sayuran yang masih sekeluarga dengan labu parang dan pare ini juga dikenal dengan nama chayote.

Melansir berbagai sumber, jika mengonsumsi labu siam secara teratur bisa memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh terutama kesehatan kulit. Kandungan nutrisi yang dimiliki labu siam antara lain antioksidan berupa vitamin B, vitamin C, kalium, dan asam amino.
Dalam satu buah labu siam mengandung 0,1 miligram vitamin B6, 10,2 mg vitamin C, 0,2 mg vitamin E, dan 5,4 mikrogram vitamin K.

Berikut 4 alasan mengonsumsi labu siam bisa bikin kulit cantik:

1. Tinggi vitamin C

Jika asupan vitamin C terpenuhi, permasalahan kulit seperti timbul jerawat pun mampu diatasi. Pasalnya vitamin C memang diperlukan untuk menjaga kesehatan dan daya tahan kulit.

2. Tinggi antioksidan

Mengonsumsi makanan yang tinggi antioksidan seperti labu siam mampu memperlambat munculnya gejala penuaan, karena antioksidan akan melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas.
Kandungan vitamin C, selain berperan sebagai antioksidan tetapi juga melindungi kulit dari radikal bebas, vitamin C juga menjadi 'bahan bakar' untuk memproduksi kolagen. Kolagen ini diperlukan untuk menjaga elastisitas kulit.

3. Kaya serat dan rendah kalori

Labu siam termasuk bahan makanan yang kaya serat dan rendah kalori. Satu cangkir labu siam cuma mengandung 25 kalori, 0,2 gram lemak, dan 6 gram karbohidrat. Sementara serat yang dikandung satu buah labu siam bisa mencapai 3,5 gram.
Berkat kandungan serat dan kalorinya yang rendah, labu siam bisa menjadi bahan pangan pendukung diet. Sayuran ini juga akan menjadikan pencernaan lancar.

4. Memiliki khasiat diuretik ringan

Jika mengonsumsi teh herbal yang dibuat dari labu siam maka akan memiliki khasiat diuretik ringan. Minum teh ini akan membantu proses detoksifikasi lewat air seni. Teh dari labu siam juga kerap digunakan untuk mengatasi bloating. Bloatign adalah gejala wajah sembap dan perut membuncit.