Bumbu Dapur Ini Ternyata Bisa Cegah Diabetes Tingkat 2

Ilustrasi Kayu Manis. (Pixabay)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Jumat, 23 Juli 2021 | 20:00 WIB

SariAgri - Kayu manis yang bernama ilmiah Cinnamomum ternyata memiliki manfaat baik untuk mengelola glukosa dalam darah. Rempah-rempah yang biasa ada di dapur tersebut dapat mencegah diabetes.

Seperti dilansir dari Food NDTV, kayu manis mengandung sifat antiobiotik, anti-infamasi dan antioksidan untuk menurunkan laju glukosa yang memasuki tubuh. Kandungan tersebut juga meningkatkan pencernaan yang baik dan membuang kelebihan gula  dalam tubuh, sehingga kadar gula darah lebih terjaga.

Sebuah studi dalam jurnal Diabetes Care menyarankan kulit kayu manis dapat membantu mengelola kadar glukosa darah dan kolesterol pada penderita diabetes tingkat 2. Selain itu juga mengurangi risiko kardiovaskular yang terkait diabetes.
Berdasarkan penelitian yang diterbitkan dalam Agricultural Research Magazine, setiap orang hanya boleh mengonsumsi 1 gram kayu manis per hari untuk meningkatkan sensitivitas insulin dan membantu mengelola diabetes tipe 2.
Salah satu cara konsumsi kayu manis yang baik adalah dengan menjadikannya seperti infuse water. Para ahli menyarankan untuk memasukkan sejumput kayu manis atau 1 inci batang kayu manis dalam air. Diamkan semalaman lalu rebus keesokan paginya dan minum saat perut kosong.
Meski demikian untuk penderita diabetes disarankan tetap menanyakannya kepada dokter atau tim medis lainnya dalam konsumsi kayu manis.

Video Terkait