Cuma 2 Menit, Ini Tips Jitu Mematangkan Alpukat

Ilustrasi alpukat. (pixabay)

Editor: Dera - Senin, 26 Juli 2021 | 21:30 WIB

SariAgri - Sobat Agri pasti sering membeli alpukat yang belum matang, di mana warnanya masih hijau cerah dan dagingnya terasa sedikit keras. Banyak orang akhirnya memilih mendiamkannya berhari-hari menunggu alpukat matang hingga akhirnya nanti bisa dikonsumsi. 

Namun tak banyak yang tahu, proses mematangkan alpukat ternyata hanya butuh waktu dua menit loh, maka dijamin alpukat matang secara sempurna.

Melansir Reader's Digest, berikut sejumlah trik yang bisa kamu coba:

1. Menggunakan plastik pembungkus

Bukan hanya mudah, cara ini merupakan cara paling cepat dalam mematangkan alpukat. Ya, hanya dalam dua menit!

Pertama, potong alpukat menjadi dua bagian secara vertikal dan lepaskan bijinya. Kemudian, bungkus masing-masing bagian dalam bungkus plastik yang aman untuk microwave. Setelah terbungkus, masukan alpukat dalam Microwave dengan daya tinggi selama dua menit. Saat mereka cukup dingin untuk dipegang, masukkan alpukat yang dibungkus ke dalam air dingin.

2. Kertas timah

Trik lainnya adalah menggunakan kertas timah. Bungkus buah yang belum dipotong dalam kertas timah dan panaskan di atas loyang oven pada suhu 90 C selama sepuluh menit. Namun jika alpukat terlalu keras, proses pemanasan dapat dilakukan selama satu jam, hingga alpukat melunak sempurna. Ingat, periksa tingkat kematangan alpukat tiap lima menit.

Kemudian keluarkan alpukat yang baru dilunakkan. Biarkan di lemari es selama beberapa menit agar dingin. Jika kamu mau lebih bersabar dan ingin alpukat matang dalam sehari atau dua hari, cara mudah lainnya adalah dengan memasukan alpukat ke dalam mangkuk atau kantong kertas dengan apel atau pisang. Buat lubang di kantong dengan tusuk gigi dan biarkan pada suhu lembab.

Pisang dan apel menghasilkan sesuatu yang disebut gas etilen yang dapat melunakkan dan mematangkan buah dengan memecah dinding sel internal dan mengubah pati menjadi gula.

Cara mengetahui alpukat yang matang

Secara sederhana, alpukat yang matang dapat dilihat dari warna dan teksturnya. Jika alpukat terlihat berwarna hijau cerah, ini menunjukan alpukat masih sangat mentah dan secara alami masih membutuhkan waktu sekitar empat hingga tujuh hari sebelum matang. Selain daging buah keras, alpukat ini cenderung tidak memiliki rasa atau bahkan pahit.

Baca Juga: Cuma 2 Menit, Ini Tips Jitu Mematangkan Alpukat
Selain Bikin Kulit Glowing, Ini Segudang Manfaat Konsumsi Alpukat Setiap Hari

Nah, buah alpukat berwarna hijau gelap ini menandakan alpukat sudah mendekati kematangan ideal. Apabila ditekan, daging buah sedikit lunak dan akan matang dengan sempurna dalam waktu sehari.

Sementara alpukat berwarna terlalu gelap atau cendrung menghitam, ini menandakan alpukat sudah melewati proses kematangan alias terlalu matang. Kulit alpukat akan mudah pecah saat di tekan dan bagian daging buah menunjukan bintik-bintik coklat dan kurang segar.