Bisa Kontrol Gula Darah, Buah Pir Bagus Dikonsumsi Penderita Diabetes

Ilustrasi buah pir. (pixabay)

Editor: Dera - Kamis, 29 Juli 2021 | 20:10 WIB

SariAgri - Pir merupakan salah satu buah yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Selain memiliki rasa manis dan menyegarkan, buah ini juga mengandung protein, karbohidrat, serat, vitamin C, vitamin K, kalium dan lainnya.

Melansir Tips and Tricks, terdapat lima manfaat dari memakan buah pir, antara lain:

1. Bermanfaat untuk jantung dan pembuluh darah

Kandungan serat pada buah pir membantu menurunkan kolesterol dan tekanan darah. Sehingga buah pir terbilang bagus untuk menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah.

2. Menurunkan risiko diabetes tipe 2

Selain serat, buah pir memiliki kandungan flavanol dan antasida yang berguna menurunkan risiko diabetes tipe 2. Buah ini memiliki kemampuan untuk meningkatkan resistensi insulin yang membuat tubuh lebih mudah menyerapnya dan glukosa ke dalam aliran darah.

3. Sistem kekebalan tubuh

Pir juga kaya antioksidan seperti vitamin C dan tembaga. Antioksidan ini membantu sistem kekebalan tubuh bekerja lebih baik. Saat sakit, pir juga dapat mempercepat kesembuhan.

Baca Juga: Bisa Kontrol Gula Darah, Buah Pir Bagus Dikonsumsi Penderita Diabetes
Kaya Protein, Ini Sederet Buah yang Bisa Tingkatkan Stamina Atlet

4. Baik untuk usus

Satu buah pir mengandung rata-rata 20 persen serat yang dibutuhkan tubuh setiap hari. Serat berguna untuk pencernaan. Keunikan buah pir adalah serat di dalamnya tidak berubah saat melewati saluran pencernaan, sehingga bermanfaat memberi makan bakteri baik dalam usus dan membersihkannya. Selain itu pir juga bisa menjadi pencahar yang membantu mengatasi sembelit.

5. Kulit lebih sehat

Kulit yang sehat dan bercahaya tentu diinginkan oleh setiap orang. Pir yang memiliki kandungan serat dapat mengatur kadar gula darah tidak berfluktuasi sehingga kolagen di kulit tidak rusak. Buah pir juga membantu mencegah keriput pada wajah karena kandungan antioksidan vitamin C dan K serta tembaga.

Video Terkait