Meski Rasanya Pahit, Daun Pepaya Miliki Segudang Manfaat Lho

Hortikultura - Ilustrasi Daun Pepaya (Pixabay)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Jumat, 6 Agustus 2021 | 17:40 WIB

SariAgri -  Pepaya merupakan buah tropis asli Meksiko dan bagian utara Amerika Selatan yang dapat dengan mudah tumbuh. Selain buahnya yang sudah dikenal memiliki rasa yang manis dan mengandung banyak nutrisi dan gizi untuk tubuh, ternyata daun pepaya juga memiliki manfaat lho!

Dibalik rasanya yang pahit daun pepaya ternyata bisa diolah menjadi berbagai jenis makanan. Tak hanya itu saja, daun papaya juga bermanfaat sebagai jamu atau obat-obatan tradisional yang diyakini bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit. Bahkan saat ini sudah banyak bentuk ekstrak, tablet dan jenis minuman yang banyak dijual.

Mengutip dari Healthline, beberapa penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa daun pepaya memang memiliki potensi farmakologis. Untuk itu, Sariagri merangkum beberapa manfaat dari daun pepaya untuk kesehatan.

1. Mengatasi gejala yang ditimbulkan pada demam berdarah

Mengutip data dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC), demam berdarah merupakan virus yang ditularkan oleh nyamuk. Parahnya, penderita demam berdarah bisa mengalami penurunan kadar trombosit dalam darah sehingga meningkatkan risiko perdarahan.
Jurnal dari “Effect of Carica papaya Leaf Extract Capsule on Platelet Count in Patients of Dengue Fever with Thrombocytopenia”, menyatakan jika daun pepaya terbukti dapat meningkatkan trombosit pada pasien demam berdarah tanpa adanya ada efek samping.

2. Mengontrol gula darah pada penderita diabetes

Penelitian yang berjudul “Hypoglycemic effect of Carica papaya leaves in streptozotocin-induced diabetic rats” menunjukkan bahwa daun pepaya memiliki efek antioksidan dan penurun gula darah yang kuat.


Hal ini dikaitkan dengan kemampuan daun pepaya dalam melindungi sel penghasil insulin di pankreas dari kerusakan dan kematian dini. Meskipun penelitian ini baru menggunakan tikus untuk uji cobanya dan belum ada penelitian lebih lanjut.

3. Memperbaiki sistem pencernaan

Menurut studi berjudul “Papaya preparation (Caricol®) in digestive disorders” penggunaan tambahan bubuk papain yang bersumber dari buah pepaya dapat mengurangi gejala pencernaan negatif, termasuk sembelit dan mulas, pada orang dengan sindrom iritasi usus besar.
Kemampuan papain bisa memecah protein besar menjadi protein dan asam amino yang lebih kecil dan lebih mudah dicerna.

4. Mengurangi efek peradangan baik internal maupun eksternal.

Ada sebuah studi terkait yang menemukan bahwa ekstrak daun pepaya memiliki manfaat untuk kesehatan dalam mengurangi peradangan dan pembengkakan pada penderita radang sendi. Namun, hal ini masih dalam tahap uji bukti ilmiah.

Baca Juga: Meski Rasanya Pahit, Daun Pepaya Miliki Segudang Manfaat Lho
Masuk Musim Kemarau, Panen Stroberi dan Raspberry Cocok untuk Kesehatan

-Mempercepat pertumbuhan rambut
Mengutip penelitian dari “Nutraceutical Potential of Carica papaya in Metabolic Syndrome”, para peneliti menyakini senyawa yang terdapat di dalam daun pepaya memiliki sifat antioksidan, seperti flavonoid dan vitamin E. Kedua nutrisi ini dipercaya dapat meningkatkan pertumbuhan rambut.

-Meningkatkan kesehatan kulit
Enzim pelarut protein dalam daun ini disebut papain mampu mengangkat sel kulit mati, mengurangi pori-pori tersumbat, rambut tumbuh kedalam, jerawat, mempercepat penyembuhan luka, dan meminimalkan penampilan jaringan parut.

Video Terkait