Tak Perlu ke Salon, Ini Bahan Alami yang Bisa Atasi Rambut Bercabang

Ilustrasi madu (Pexels)

Editor: Dera - Jumat, 6 Agustus 2021 | 23:00 WIB

SariAgri - Bagi orang yang memiliki rambut panjang pasti pernah mengalami rambut yang bercabang sehingga merusak pertumbuhan rambut secara keseluruhan. 

Jika biasanya kaum hawa mengatasinya dengan perawatan rambut ke salon kecantikan, nah di masa pandemi ini kamu bisa mengatasinya sendiri di rumah dengan bahan alami yang biasa dijadikan bumbu dapur. 

Melansir dari Times of India, berikut tips mengatasi rambut yang bercabang:

1. Yogurt dan minyak zaitun

Minyak zaitun mengandung asam lemak yang melapisi rambut dan mengunci kelembaban sekaligus melindunginya dari kerusakan. Sedangkan yogurt dengan kandungan asam laktat membantu menyingkirkan kulit mati dari kulit kepala.

Caranya adalah campurkan setengah cangkir yogurt dengan dua sendok makan minyak zaitun dan oleskan masker ini ke rambut. Biarkan selama 20 hingga 30 menit lalu bilas.

2. Kuning telur dan madu

Madu merupakan humektan alami yang mencegah kekeringan dan mengunci kelembaban. Sedangkan telur kaya akan asam amino yang mencegah rambut bercabang memburuk. Kedua bahan ini dapat mengembalikan kilau, kekuatan dan volume rambut.

Caranya menggabungkan satu kuning telur dengan satu sendok teh madu dan oleskan pada rambut. Diamkan selama satu jam sebelum mencucinya dengan shampoo.

3. Minyak kelapa

Minyak kelapa sangat baik untuk rambut. Caranya dengan menghangatkan setengah cangkir mintak kelapa selama 15 detik dalam microwave dan oleskan ke rambut kering. Untuk menyembuhkan rambut bercabang dapat mengoleskan dari kulit kepala hingga ke ujung rambut. Setelahnya bungkus dengan handuk dan biarkan selama 30 menit lalu bilas.

Baca Juga: Tak Perlu ke Salon, Ini Bahan Alami yang Bisa Atasi Rambut Bercabang
Mahasiswa UB Sulap Buah Merah Khas Papua Jadi Sunblock

4. Cuka sari apel

Cuka dapat melembutkan rambut. Asam asetat dalam cuka sari apel dapat membersihkan kotoran rambut dan menambah kilau sekaligus menguatkan rambut.

Caranya rebus satu gelas air dan biarkan dingin. Tambahkan dua sendok makan cuka sari apel dan bilas ke rambut setelah keramas. Biarkan di rambut selama satu menit sebelum dibilas kembali dengan air bersih.

Video Terkait