Ingin Otak Awet Muda, Perbanyaklah Konsumsi Buah Ini

Buah jeruk dan Anggur. (Pixabay)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Senin, 9 Agustus 2021 | 14:30 WIB

SariAgri - Jeruk, bukan hanya menyegarkan tapi juga menyehatkan. Kandungannya kaya flavanoid, yakni agen aktioksidan kuat yang membantu memperlambat atau mencegah penurunan mental, serta membantu menjaga otak kita tetap muda.

Sebuah studi membuktikan, orang dewasa yang rajin mengonsumsi makanan kaya flavonoid rata-rata 600 miligram sehari mampu mengurangi risiko penurunan kognitif sebesar 20%.

Menurut para peneliti medis dari Universitas Harvard, buah dan sayuran berwarna kuning dan oranye yang kaya flavanoid, termasuk jeruk, memiliki pengaruh penurunan risiko gangguan kognitif sebesar 38%. Artinya, orang yang banyak mengonsumsi buah dan sayuran tersebut memiliki daya pikir yang tiga hingga empat tahun lebih muda dari seharusnya.

Sementara buah dan sayuran merah, ungu, dan biru, seperti buah ceri dan blueberry yang kaya akan antosianin, memiliki pengaruh penurunan risiko gangguan kognitif sebesar 24%.

"Ada lebih banyak penelitian yang menunjukkan bahwa makan makanan kaya flavonoid dapat membantu menjaga pikiran kita tetap tajam seiring bertambahnya usia," kata Amy Gorin, MS, RDN, Ahli Diet dan pemilik Plant-Based Eats di Stamford, CT, seperti dikutip eatthis.com.

Gorin menganjurkan untuk selalu memasukkan irisan buah jeruk ke dalam salad, minum jus jeruk segar, atau membuat Smoothie buah Bit dan Jeruk, untuk memperoleh manfaat flavanoidnya. Baca Juga: Ingin Otak Awet Muda, Perbanyaklah Konsumsi Buah Ini
Jarang Diketahui! Ini 5 Manfaat Buah Bacang untuk Kesehatan Tubuh



Sementara untuk pecinta blueberry, Gorin menyarankan untuk memilih jenis yang liar. Blueberry liar memiliki antioksidan yang memiliki manfaat kesehatan dua kali lebih banyak daripada blueberry biasa.

Selain itu, penelitian yang diterbitkan dalam European Journal of Nutrition menunjukkan, bahwa orang dewasa yang menambahkan blueberry liar ke dalam makanan sehari-hari selama tiga bulan, memiliki memori yang jauh lebih bagus.

Video Terkait