Kian Populer, Ini Khasiat Luar Biasa Sawi Pagoda bagi Kesehatan

Ilustrasi sawi pagoda (tatsoi). (foter)

Editor: Dera - Rabu, 11 Agustus 2021 | 08:00 WIB

Sariagri - Kandungan nutrisi seperti serat, vitamin dan mineral pada sayuran sangat dibutuhkan bagi tubuh manusia. Di Indonesia, sawi termasuk sayuran yang paling sering dikonsumsi.

Ada banyak banyak jenis sayur sawi, yaitu sawi putih, sawi caisim/sawi bakso, sawi hijau, ataupun sawi pakcoy. Namun ada juga jenis sawi yang mungkin bagi sebagian orang masih asing untuk didengar, yaitu sawi pagoda.

Meskipun masuk dalam kategori sayur sawi, sawi pagoda tergolong cukup unik. Bentuknya tidak sama dengan sawi pada umumnya, namun terlihat seperti bunga yang mekar dengan bentuk daun oval berwarna hijau pekat yang sangat mencolok. Selain itu daunnya juga tampak bergelombang menonjol di permukaannya.

Jenis sawi yang memiliki nama lain Tatsoi ini, awalnya memang jarang ditemui di pasaran. Namun karena kandungan dan manfaatnya, kini petani Indonesia mulai banyak yang membudidayakannya.

Sawi pagoda mengandung kalsium, beta karoten, Vitamin A, C, K, dan juga mengandung kalium, fosfor, zat besi dan potassium yang tinggi. Semua zat ini tentu sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut kandungan baik dari sawi pagoda yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

1. Mengandung protein nabati

Sawi pagoda mengandung protein nabati yang cukup tinggi. Hal ini memberi manfaat untuk membantu tubuh dalam membesarkan dan membentuk massa otot.

2. Mengandung zat besi

Tak hanya protein, sawi pagoda juga kaya akan zat besi. Saat tubuh mendapatkan zat besi yang cukup, maka kamu akan terhindar dari penyakit anemia, pusing dan mudah lelah.

3. Mengandung selenium

Tubuh manusia membutuhkan selenium untuk membantu memaksimalkan kerja hormon dan enzim. Kamu bisa mendapatkan itu dengan mengonsumsi sawi pagoda. Sawi ini mengandung cukup selenium yang dibutuhkan tubuh.

4. Mengandung beta karoten

Tidak semua sayuran mengandung beta karoten, namun sawi pagoda memilikinya. Senyawa ini merupakan salah satu varian vitamin A, yang membantu menjaga kesehatan mata. Bola mata menjadi jernih putih dan pandangan pun akan lebih jelas.

5. Mengandung asam folat

Asam folat sangat berperan penting dalam membantu sumsum tulang belakang untuk memproduksi sel darah merah. Bagi ibu hamil, mengonsumsi sawi pagoda sangat baik karena asam folat yang tinggi bagus untuk pembentukan janin semasa hamil.

Baca Juga: Kian Populer, Ini Khasiat Luar Biasa Sawi Pagoda bagi Kesehatan
Viral Video Petani di Sukabumi Babat Tanaman Sawi karena Tak Laku Akibat Pandemi

6. Mengandung asam glukosinolat

Sawi pagoda mengandung asam glukosinolat. Senyawa ini dipercaya dapat mencegah munculnya sel-sel kanker. Protein anti kanker ini akan bekerja jika kamu mengonsumsi sawi pagoda secara rutin.

7. Mengandung vitamin K

Bila kamu memiliki luka, ada baiknya untuk mengkonsumsi sawi pagoda. Sayuran ini kaya akan vitamin K, yang bisa mempercepat proses pembekukan darah. Maka dengan begitu, luka ditubuh akan cepat mengering.

 

Video Terkait