Rutin Konsumsi Buah Leci, Ini Khasiat Ajaib yang Bisa Kamu Rasakan

Ilustrasi buah leci. (pixabay)

Editor: Dera - Rabu, 11 Agustus 2021 | 16:20 WIB

Sariagri - Litchi Chinensis atau lebih dikenal dengan buah leci memang mempunyai nutrisi yang sangat baik bagi tubuh, seperti Vitamin C, Tembaga, Kalium, Fosfor, Mangan, Magnesium, Vitamin B3 (niasin), Vitamin B2 (riboflavin), Vitamin B6 (pyridoxine).

Buah dengan rasa manis dan agak sedikit asam ini memang sangat menyegarkan, terlebih ketika disantap denga es teh. Ingin tahu apa saja khasiat leci bagi tubuh, yuk simak ulasannya seperti dilansir dari Medical News Today.

Meningkatkan kepadatan tulang

Tak kalah penting, fosfor dan kalium pada buah leci juga bermanfaat menjaga kesehatan otot dan saraf. Bahkan, kalium dari buah leci diyakini mampu meningkatkan kepadatan tulang.

Mengatasi sembelit atau susah BAB

Kamu sering mengalami masalah sembelit atau susah buang air besar (BAB)? Jika iya, coba atasi dengan konsumsi buah leci karena kandungan seratnya akan melunakkan tinja (feses). Sifat astringent pada leci juga berfungsi membersihkan pencernaan dari racun/bakteri penyebab sakit perut.

Mencegah Penyakit Kanker

Selain menjaga kesehatan jantung, manfaat buah leci dipercaya bisa mencegah penyakit kanker. Menurut penelitian, rutin makan leci akan mengurangi risiko kanker, berkat kandungan flavonoid di dalamnya.

Baca Juga: Rutin Konsumsi Buah Leci, Ini Khasiat Ajaib yang Bisa Kamu Rasakan
Uniknya Buah Takokak yang Simpan Segudang Manfaat dan Khasiat Bagi Kesehatan

Mengatasi Influenza

Saat kamu sedang flu, coba konsumsi buah leci, karena di dalamnya terdapat oligonol untuk mengatasi influenza. Oligonol merupakan campuran antioksidan (proanthocyanidins) dari kulit leci dan teh hijau.

Mencegah Penuaan Dini

Seperti diketahui, salah satu penyebab penuaan dini pada kulit karena terpapar polusi. Untuk itu, kamu bisa memanfaatkan buah leci agar tanda-tanda penuaan dini di kulit wajah tersamarkan. Buah leci mengandung antioksidan kuat dan vitamin C yang dapat memperlancar aliran darah, sehingga wajah awet muda.