Semarakkan HUT ke-76 RI, Pemkot Jakarta Pusat Siapkan 15 Ribu Tanaman Hias

Tanaman bernuansa merah-putih menghiasi kawasan Patung Arjuna Wijaya di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Senin (16/8/2021). (Antara/HO-Sudin Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Pusat)

Editor: Arif Sodhiq - Senin, 16 Agustus 2021 | 14:40 WIB

Sariagri - Jelang peringatan HUT Kemerdekaan ke-76 RI, Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Pusat menyiapkan 15 ribu tanaman hias terdiri dari sekitar 10 jenis dengan nuansa merah putih. Sesuai dengan tema tahun ini, tanaman hias dalam pot terpampang dan membentuk tulisan "Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh".

"Kurang lebih ada 10 jenis tanaman dengan total seluruhnya ada sekitar 15 ribuan. Bentuk hiasannya seperti tulisan dan angka 76," ujar Kepala Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Pusat Mila Ananda.

Mila mengatakan ribuan tanaman hias disiapkan untuk menghias dua lokasi yaitu di Kantor Wali Kota Jakarta Pusat dan di kawasan Patung Arjuna Wijaya, bundaran Jalan Medan Merdeka Barat.

"Untuk Perayaan HUT ke-76 RI tahun 2021 ini, kami melakukan penataan dekorasi di dua titik, yaitu di Patung Arjuna dan lobi Kantor Walikota Jakarta Pusat," kata Mila.

Berbeda dengan tahun sebelumnya yang menghias tiga lokasi, pada tahun ini Pemkot Jakarta Pusat hanya menyiapkan dua lokasi yang dihias dengan tanaman bernuansa kemerdekaan.

Baca Juga: Semarakkan HUT ke-76 RI, Pemkot Jakarta Pusat Siapkan 15 Ribu Tanaman Hias
Gara-gara PPKM, Petani Tanaman Hias Hilang Pendapatan Terancam Gulung Tikar

Ribuan tanaman hias baik dalam pot maupun bunga potong itu terdiri dari jenis kastuba, celosia, marigold, mawar merah dan putih, krisan, aster serta berbagai daun-daunan seperti pakis, sirih gading dan ivy.

Sejumlah ornamen juga ditempatkan untuk semakin menambah kecantikan hiasan seperti kayu-kayu yang bekas dipangkas dan pohon yang telah tumbang, rak besi, pedestel dan instalasi dari kukusan bambu.

Video terkait: