Cara Petani Bawang Merah Probolinggo dalam Memaknai Kemerdekaan

Petani bawang di Probolinggo, Jawa Timur. (Foto: Sariagri/Arief L)

Editor: M Kautsar - Selasa, 17 Agustus 2021 | 22:00 WIB

Sariagri - Banyak cara bisa dilakukan warga dalam memaknai Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke-76. Seperti yang dilakukan warga kampung bawang merah di Kelurahan Kedung Asem Kecamatan Wonoasih Kota Probolinggo Jawa Timur.

Sambil beraktivitas membersihkan bawang merah, para petani di Kelurahan Kadung Asem memperingati Hari Kemerdekaan RI dengan mengenakan pita merah putih di kepala. Hal itu dilakukan sebagai bentuk cerminan kecintaan kepada tanah air dan rasa nasionalisme.

“Kami tengah bersuka cita atas panen melimpah kali ini. Karena itu rasa syukur kami wujudkan dengan mengenakan ikat kepala merah putih sambil melakukan proses pembersihan dan protol bawang merah," kata seorang petani bawang merah, Kusumawati kepada Saragri, Selasa (17/8).

Baca Juga: Cara Petani Bawang Merah Probolinggo dalam Memaknai Kemerdekaan
Sumbang Inflasi Nasional, Kementan Targetkan Indonesia Mandiri Produksi Bawang Merah pada 2024

Selain mengenakan ikat kepala merah putih, para petani bawang merah di Kelurahan Kedung Asem juga mengibarkan bendera merah putih di sekitar wilayah setempat.

“tak cukup hanya dengan mengenakan ikat kepala sebagai wujud syukur atas Kemerdekaan RI yang telah diraih, namun juga semangat juang para pahlawan yang telah gugur patut kita contoh melalui kerja nyata meski situasi masih dilanda pandemi covid-19, “ pungkas salah seorang pengusaha bawang merah, Wage Adi Sosro.