Studi: Daun Bayam Bisa Diubah seperti Daun Lettuce

Ilustrasi tanaman bayam. (pixabay)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Jumat, 20 Agustus 2021 | 18:10 WIB

Sariagri - Para ilmuwan telah menemukan cara untuk mengubah bentuk suatu daun tanaman sesuai keinginan kita, dengan sifat-sifat tertentu yang diperlukan dalam industri makanan.  Bahkan daun bayam bisa diubah tampilannya seperti daun lettuce atau selada.

Tanaman memiliki dua jenis atau tipe daun yakni daun 'sederhana' dan 'majemuk'. Daun sederhana adalah daun tunggal yang tidak memiliki cabang daun lain. Sedangkan yang majemuk daunnya bercabang-cabang sehingga terlihat bertumpuk.

Pohon mangga, misalnya, memiliki daun 'sederhana' karena memiliki helai daun tunggal yang utuh. Sementara pohon Gulmohar, di sisi lain, memiliki daun 'majemuk' di mana bilah daun dibedah menjadi beberapa lembaran daun.

Kedua jenis daun dimulai dari struktur seperti batang yang bertunas dari meristem, yakni ujung batang tempat sel induk berada. Tapi kemudian masing-masing memiliki bentuk yang berbeda saat tumbuh.

Penelitian baru ini mencoba menjawab mengapa perubahan pertumbuhan daun itu bisa berbeda. Para peneliti telah mengidentifikasi dua keluarga gen yang mengatur perkembangan daun `sederhana' pada tanaman yang disebut Arabidopsis thaliana. Gen itulah yang menekan pembentukan selebaran daun baru di tepi daun utama.

Di sisi lain, para peneliti juga berhasil mengidentifikasi gen yang menyebabkan daun `sederhana' menjadi daun `super majemuk', yang memunculkan lembaran-lembaran daun tanpa batas. Dari dua hasil penelitian itu, para ilmuwan menciptakan daun mutan yang tetap muda dan terus tumbuh selama mereka memiliki kondisi pertumbuhan yang diperlukan.

Jika daun Arabidopsis biasanya matang dalam waktu sekitar 30 hari dan layu dalam 60 hari, daun mutan ini bisa tumbuh selama 175 hari. Ini berarti, daun tersebut berpotensi memiliki umur selama berbulan-bulan atau bertahun-tahun dalam kondisi tertentu.

Studi ini dilakukan oleh para peneliti dari Departemen Mikrobiologi dan Biologi Sel (MCB) di Institut Sains India (IISc) yang berbasis di Bengaluru, dan kolaborator mereka dari Shodhaka Life Sciences, Bengaluru.Baca Juga: Studi: Daun Bayam Bisa Diubah seperti Daun Lettuce
Pohon Asam di Utara Australia dan Kisah Pelaut Asal Pulau Sulawesi



Para peneliti mengatakan, temuan tersebut dapat memulai dan memelihara inovasi dalam industri makanan dalam jangka panjang. "Seseorang dapat menggunakan teknik ini untuk mengubah bentuk daun salad sesuai dengan yang dipilihnya atau meningkatkan biomassanya. Misalnya, Anda bisa mengubah bentuk daun bayam (daun sederhana) agar terlihat seperti letuce (daun majemuk),” kata Krishna Reddy Challa, mahasiswa di MCB dan salah satu penulis utama studi.

"Anda juga dapat mengontrol umur panjang tanaman dan dengan demikian memperpanjang masa simpannya. kehidupan," ujar Monalisha Rath, peneliti yang lain. Mereka telah menerbitkan laporan penelitian ini di jurnal Nature Plants.

Video terkait:

Video Terkait