Bau Kaki Bikin Keki, Cepat Atasi dengan 3 Bahan Alami Ini

Ilustrasi garam. (pixabay)

Editor: Dera - Senin, 23 Agustus 2021 | 21:00 WIB

Sariagri - Sobat Agri mengalami masalah bau kaki? masalah ini tentu membuat rasa percaya diri berkurang sehingga beraktivitas pun semakin tidak nyaman.

Sebenarnya bau kaki berasal dari area kaki yang lembab, berkeringat dan penuh bakteri. Nah, untuk mengatasinya ada berbagai cara, salah satunya pastikan sepatu dan kaos kaki yang Sobat Agri pakai bersih dan kering.

Jika ternyata kondisi kaki sering lembab dan sering mengalami masalah bau kaki, berikut cara untuk mengatasinya:

1. Rendam kaki dengan cuka

Cara pertama paling ampuh mengatasi bau kaki adalah dengan merendam kaki dengan rendaman cuka. Cuka dapat berfungsi sebagai bahan alami yang dapat mengurangi jumlah bakteri penyebab bau kaki.

Caranya, cobalah rendam kaki setiap hari dengan campuran cuka dan air dengan perbandingan 1:2. Setelah selesai, jangan lupa untuk keringkan kaki hingga benar-benar kering menggunakan handuk bersih.

2. Kantung teh

Teh adalah salah satu bahan alami yang dapat Sobat Agri gunakan sebagai cara menghilangkan bau kaki di sepatu. Caranya, Sobat Agri dapat memasukkan satu atau dua kantung teh pada sepatu di malam hari. Hal ini dapat mengurangi kelembaban dan bau tidak sedap pada sepatu.

Selain itu, bisa juga menggunakan rendaman teh. Seduh 4 hingga 5 kantong teh dengan 1 liter air. Biarkan dingin dan rendam kaki selama 20 menit setiap harinya.

3. Rendam kaki dengan air garam

Garam menjadi salah satu bahan alami yang mengurangi bau pada kaki. Sebagai bonusnya, merendam kaki pada garam dapat mengatasi infeksi jamur pada kaki hingga mencegah insomnia.

Cara menghilangkan bau kaki dengan garam adalah dengan menuangkan 1/2 gelas garam ke dalam 4 gelas air kemudian masukkan kaki dan rendam selama 10-15 menit. Setelah selesai, keringkan kaki dengan handuk.

Baca Juga: Bau Kaki Bikin Keki, Cepat Atasi dengan 3 Bahan Alami Ini
Jarang Diketahui, Ini 7 Manfaat Mengejutkan dari Teh Linden

Lakukan cara tersebut secara rutin dan perlahan-lahan jika memang bau pada kaki tidak langsung hilang dalam satu kali percobaan.

Untuk mengatasi masalah bau kaki secara permanen, Sobat Agri harus konsisten melakukan cara-cara di atas karena cara menghilangkan bau kaki secara permanen adalah dengan konsisten menjaga kebersihan kaki. 

Video Terkait