Selain Cegah Diabetes, Cengkeh Juga Dinilai Mujarab Atasi Jerawat

Ilustrasi cengkeh. (pixabay)

Editor: Dera - Selasa, 24 Agustus 2021 | 15:00 WIB

Sariagri - Meski ukurannya kecil, cengkeh ternyata mempunyai segudang kesehatan bagi tubuh. Rempah yang satu ini dikenal dengan sifat anti-inflamasi dan anti-diabetes.

Dilansir Pinkvilla, cengkeh mengandung mangan, serat, vitamin C dan K. Mangan dapat meningkatkan fungsi otak dan membantu membangun tulang, vitamin C dan K meningkatkan kekebalan dan mencegah pembekuan darah.

Oleh karena itu, jangan ragu untuk memasukkan cengkeh ke dalam daftar rempah sejuta manfaat. Berikut sederet manfaat cengkeh bagi kesehatan:

1. Mencegah diabetes

Cengkeh memiliki senyawa yang dikenal sebagai nigericin yang dapat membantu meningkatkan sekresi insulin dan kesehatan sel-sel yang memproduksi insulin. Oleh karena itu, menambahkan cengkeh ke dalam makanan dapat menjaga kadar gula darah agar tetap terkendali.

2. Kesehatan pencernaan

Senyawa tertentu dalam cengkeh membantu mengurangi sakit maag. Minyak yang hadir dalam cengkeh meningkatkan ketebalan lendir lambung dan melindungi lapisan perut serta mencegah tukak lambung. Cengkeh dikemas dengan serat yang membantu pencernaan dan mencegah sembelit.

3. Baik untuk sakit kepala

Cengkeh memiliki beberapa sifat perbandingan dan penghilang rasa sakit di kepala. Cobalah hancurkan beberapa cengkeh dan taruh di sapu tangan bersih kemudian hirup baunya setiap kali mengalami sakit kepala.

Baca Juga: Selain Cegah Diabetes, Cengkeh Juga Dinilai Mujarab Atasi Jerawat
Tak Banyak yang Tahu, Ini 5 Khasiat Menakjubkan Paprika Hijau

4. Mengobati jerawat

Minyak cengkeh berfungsi untuk meningkatkan kesehatan kulit dan mengobati jerawat. Kandungan antibakteri dan antijamur dapat membunuh infeksi dan melawan peradangan sehingga efektif mengobati jerawat.

5. Mengobati sakit gigi

Cengkeh mengandung eugenol yang dikenal dapat meredakan sakit gigi. Untuk menghilangkan sakit gigi, masukkan beberapa cengkeh utuh ke dalam mulut, basahi dengan air ludah dan gigitlah dengan gigi lalu diamkan selama 30 menit sebelum membuangnya. Jika masih terasa sakit dapat diulangi dengan cara yang sama.

Video Terkait