Petani Sidoarjo Berhasil Kembangkan Budi daya Buah Apel India di Iklim Tropis

Budi daya apel india yang dikerjakan petani asal Sidoarjo, Jawa Timur. (Foto: Sariagri/Arief L)

Editor: M Kautsar - Selasa, 14 September 2021 | 15:50 WIB

Sariagri - Bagi warga kota khususnya yang tinggal di wilayah tropis dengan iklim panas terik menyengat, kini tak perlu khawatir lagi jika ingin mendambakan tanaman buah apel. Sebab ada satu jenis apel impor asal India yang bisa tumbuh subur dan berbuah lebat meski minim air.

Tanaman buah apel impor dari India ini telah berhasil dibudidayakan oleh Sugeng Utomo (52 tahun) petani di Desa Grabagan, Kecamatan Tulangan, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur.

Menempati lahan seluas 35 x 20 meter persegi, Sugeng telah memulai usahanya sejak tahun lalu. Dia awalnya hanya memiliki 30 tanaman, kini sudah berkembang menjadi 500 tanaman apel india.

“Siapa yang bilang tanaman apel hanya bisa tumbuh dengan baik di dataran tinggi dan berhawa dingin seperti Malang dan Kota Batu. Ini buktinya saya berhasil membudidayakan apel impor asal India atau orang biasa mengenalnya dengan sebutan putsa. Apel ini bahkan bisa tumbuh dan berbuah lebat jika ditanam di daerah panas seperti di Kabupaten Sidoarjo," kata Sugeng kepada Sariagri, Selasa (14/9).

Saat ini, kata dia, permintaan tanaman buah apel india meningkat, selain alasan mudah perawatan juga rasa buah apel india lebih manis dibandingkan buah sejenis pada umumnya.

Satu bibit tanaman apel india untuk ukuran sedang dan sudah berbunga dijual Rp40.000 dan yang telah berbuah dihargai Rp100.000. Sedangkan berukuran tinggi mencapai 2 meter dan telah berbuah lebat tinggal menunggu panen ditawarkan Rp200.000 per pohon.

“Satu pohon ukuran 2 meter mampu menghasilkan rata-rata 25 kilo sampai 30 kilo. Tanaman apel india ini terus berbuah sepanjang tahun dan tidak mengenal musim beda dengan apel lainnya. Setiap 2,5 bulan sampai 3 bulan sekali berbuah," ucapnya.

Dari hasil menjual bibit tanaman buah apel india, Sugeng mengaku mampu meraup untung mencapai Rp5 juta setiap bulan.  

Pendapat Sugeng dibenarkan oleh salah seorang pelanggan, Ridwan (44 tahun) warga Kota Surabaya yang sudah pernah membeli dan berhasil mengembangkan tanaman buah apel india di rumahnya.  

Baca Juga: Petani Sidoarjo Berhasil Kembangkan Budi daya Buah Apel India di Iklim Tropis
Semut Suka Pohon Buah-buahan, Begini Cara Pengendaliannya

Menurut Ridwan perawatan tanaman buah apel india tidak terlalu sulit, cukup ditanam di dalam polybag atau drum besar serta diberi pupuk kompos secukupnya. Sedangkan untuk mengatasi serangan hama cukup dilakukan penyemprotan dua minggu sekali.

“Saya sudah mencoba dan berhasil. Buahnya manis berwarna putih terang jika sudah masak pohon mirip buah pir. Perawatannya mudah seminggu sekali disiram dan dua minggun sekali dilakukan penyemprotan hama, “ pungkasnya.

Video Terkait