Selain Menjadi Sumber Kehidupan, Berikut 6 Manfaat dari Hewan dan Tumbuhan di Bumi

Ilustrasi hewan dan tumbuhan (Pixabay)

Penulis: Rashif Usman, Editor: Tatang Adhiwidharta - Selasa, 14 September 2021 | 22:00 WIB

Sariagri - Ada berbagai macam jenis hewan dan tumbuhan yang tersebar di seluruh dunia. Tentunya, keanekaragaman ini memiliki banyak manfaat bagi kehidupan.

Oleh karenanya, manusia diwajibkan untuk bisa melestarikan dan menjaga dari keanekaragam makhluh hidup. Nah, Sobat Agri ingin tahu apa saja manfaat dari hewan dan tumbuhan yang ada dimuka bumi? yuk simak ulasan berikut ini, dikutip dari ruangguru.

1. Sumber kehidupan

Manfaat yang pertama adalah sebagai sumber kehidupan manusia. Hal ini meliputi kebutuhan sandang, pangan, papan, hingga obat-obatan. Sumber makanan manusia, tentunya berasal dari tumbuhan dan hewan. Bahkan obat-obatan juga bisa berasal dari tumbuhan dan beberapa hewan

2. Sumber ekonomi

Sektor industri merupakan salah satu sektor pendukung berkembangnya perekonomian negara. Tentunya, sektor industri ini tidak akan bisa berjalan tanpa adanya bahan baku. Misalnya, tanpa adanya hewan yang dapat menghasilkan susu, telur, atau daging, maka industri makanan maupun minuman tidak akan bisa berjalan. 

3. Membantu menjaga keseimbangan ekosistem

Rantai makanan diciptakan untuk menjaga keseimbangan ekosistem di lingkungan. Misalnya, jika sawah kehilangan populasi burung pemakan, maka populasi hama akan meningkat besar-besaran.

Akibatnya, kualitas hasil produksi padi menjadi berkurang. Oleh karena itu, keanekaragaman makhluk hidup berfungsi untuk membantu dalam menyeimbangkan ekosistem.

4. Membantu mencegah terjadinya kerusakan lahan

Keanekaragaman makhluk hidup dapat bermanfaat untuk mencegah terjadinya kerusakan lahan. Banyaknya jenis tanaman yang tumbuh di suatu lahan akan melindungi lahan tersebut dari terjadinya erosi (pengikisan tanah) yang disebabkan oleh air hujan.

Baca Juga: Selain Menjadi Sumber Kehidupan, Berikut 6 Manfaat dari Hewan dan Tumbuhan di Bumi
Dikenal sebagai Makanan Penutup, Ini 5 Jenis Jeruk dari Indonesia

5. Kemajuan ilmu pengetahuan dan transportasi

Seperti dikethaui, keanekaragaman makhluk hidup dapat digunakan sebagai objek penelitian nih. Tentunya, hal ini akan sangat bermanfaat untuk perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK). Selain itu, beberapa hewan seperti kuda, unta, dan kerbau masih dimanfaatkan tenaganya sebagai alat transportasi sampai sekarang.

6. Agen daur materi

Adanya keanekaragaman mahkluk hidup berupa hewan-hewan pengurai, maka sampah rumah tangga manusia dapat terurai menjadi bahan yang lebih mudah diserap oleh tanah maupun tumbuhan.

Video Terkait