Ini Sederet Penyebab Buah Mentimun Jadi Kuning Sebelum Panen

Ilustrasi mentimun. (pixabay)

Editor: Dera - Rabu, 15 September 2021 | 10:15 WIB

Sariagri - Mentimun adalah salah satu jenis sayuran yang mudah ditanam dalam waktu singkat. Hanya dalam tempo 50 sampai 70 hari sejak ditanam, mentimun akan berbuah dan siap panen.

Namun ada beberapa kendala yang sering dialami oleh petani sehingga buah mentimun tumbuh tidak sesuai harapan, salah satunya adalah buah mentimun berwarna kuning padahal varietas yang ditanam adalah mentimun hijau.

Melansir thegardeningcook, ada banyak faktor yang mempengaruhi perubahan warna pada buah mentimun hijau menjadi kuning, apa saja penyebabnya? berikut rangkumannya.

Terlambat panen

Salah satu alasan paling umum mentimun berubah warna menjadi kuning adalah terlambat memanennya. Saat mentimun matang, warna hijau akan mulai memudar sehingga berubah menjadi warna kuning atau bahkan oranye.

Meski bentuknya tetap normal, membiarkan buah terlalu lama pada pokoknya akan membuat ukuran buah menjadi lebih besar. Terlambat memanen buah juga akan membatasi produksi lebih banyak buah. Sebaliknya, memanen mentimun secara teratur mendorongnya cepat berbuah baru.

Biasanya sebagian besar buah mentimun akan siap panen sekitar 10 hari setelah penyerbukan. Mentimun yang sudah terlambat panen rasanya lebih pahit.

Kelebihan air

Menyiram tanaman mentimun terlalu banyak akan menghilangkan mineral penting pada tanah, seperti kalsium dan nitrogen. Sehingga mentimun akan menguning lebih awal, jauh sebelum masa panen secara normal.

Tanaman mentimun memiliki sistem akar dangkal yang menyukai tanah yang lembab tapi tidak terlalu basah. Untuk hasil terbaik, sirami secara perlahan beberapa kali seminggu. Lebih dari ini maka nutrisi tanah lebih cepat hilang.

Kekurangan nutrisi

Mentimun membutuhkan campuran nutrisi yang tepat untuk tumbuh dengan baik. Kurangnya pemupukan dapat menyebabkan daun dan buah mentimun menguning.

Untuk mencegahnya, gunakan pupuk berimbang pada saat tanam, atau tambahkan kompos dan bahan organik lainnya ke dalam tanah. Kemudian beri pupuk lagi setelah mekar dan sekitar sebulan sekali selama musim tanam.

Rotasi tanaman adalah bagian penting untuk mencegah mentimun kuning. Jika terus menerus menanam mentimun di tempat yang sama maka akan menyebabkan tanah kehabisan nutrisi. Kondisi ini tidak hanya berlaku untuk mentimun tetapi untuk semua jenis sayuran.

Baca Juga: Ini Sederet Penyebab Buah Mentimun Jadi Kuning Sebelum Panen
Ini Risiko Penyakit yang Terjadi saat Makan Buah Setelah Jam 4 Sore

Kurang penyerbukan

Mentimun yang tidak mengalami penyerbukan dengan benar akan lebih kecil dan seringkali menguning. Setiap bunga harus diserbuki berkali-kali agar buah terbentuk sepenuhnya. Semakin banyak penyerbukan dari hewan penyerbuk, maka semakin baik dan sempurna pertumbuhan buahnya.

Penyakit virus

Penyakit virus seperti virus mosaik mentimun, juga dapat mempengaruhi warna buah mentimun menjadi kuning. Selain itu virus ini juga menyebabkan warna daun mentimun menjadi pudar dan rusak dan buahnya lebih pahit. Untuk mencegahnya, buang dan musnahkan tanaman yang menunjukkan tanda-tanda terkena virus atau menggunakan insektisida.

 

Video Terkait