Kecil-kecil Luar Biasa, Ini Manfaat Ketumbar Sembuhkan Peradangan Hingga Antikanker

Ilustrasi Ketumbar (Pixabay)

Editor: Reza P - Rabu, 15 September 2021 | 14:20 WIB

Sariagri - Sobat Agri pasti sudah tidak asing lagi dengan ketumbar. Umumnya ketumbar digunakan sebagai bumbu masakan agar terasa lebih nikmat.

Ketumbar merupakan rempah-rempah yang memiliki bentuk bulat dengan ukurannya yang kecil. Seringkali ketumbar sulit dibedakan dengan merica atau lada.

Memiliki nama latin Coriandrum sativum ketumbar berasal dari Eropa Selatan dan sekitar Laut Kaspia. Banyak nutrisi yang terkandung di dalam biji ketumbar diantaranya mengandung mangan, zat besi, sumber serat serta magnesium. Selain itu biji ketumbar juga kaya akan vitamin C, vitamin K, kalsium, protein, fosfor, kalium, tiamin, niasin dan karoten.

Di balik cita rasanya yang khas dan memiliki kandungan nutrisi yang banyak, biji ketumbar mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Disini Sariagri akan menjelaskan beberapa manfaat dari biji ketumbar.

Sebagai Antikanker

Berdasarkan dari penelitian yang dipublikasikan dalam American Journal of Clinical Nutrition, ketumbar dapat mencegah pembentukan heterosiklik amina (HCA) pada daging saat dimasak.

Merunut dari penjelasan National Cancer Institute, HCA merupakan bahan kimia yang terbentuk saat daging dimasak dalam suhu yang tinggi. Mengonsumsi makanan yang tinggi akan HCA dapat meningkatkan risiko kanker.

Mengendalikan Kadar gula Darah 

Sobat Agri ternyata biji ketumbar juga baik untuk penderita diabetes nih. Karena biji ketumbar dapat membantu mengendalikan kadar gula darah. Biji ketumbar meningkatkan fungsi sel beta pankreas (sel yang melepas insulin dan mengendalikan kadar gula darah)

Meredakan Nyeri dan Peradangan

Banyak penelitian yang menunjukan bahwa biji ketumbar bisa berguna sebagai obat analgesik dan antiinflamasi. Jadi biji ketumbar dapat mengurangi peradangan dan rasa sakit secara signifikan.

Dapat Meringankan Gejala Artritis 

Sobat Agri biji ketumbar ternyata juga bisa meredakan nyeri artritis. Biji ketumbar bekerja dengan melawan aktivitas sitokin proinflamasi di sinovium (membran yang melapisi permukaan bagian dalam sendi).

Menyehatkan Jantung 

Ekstrak biji ketumbar bisa membuang kelebihan sodium dari air sehingga tekanan darah ikut menurun.

Sobat Agri bisa mengkonsumsinya dengan cara merebus biji ketumbar  kurang lebih 3 sendok makan dengan air secukupnya selama 5-10 menit lalu saring dan dinginkan.