Sederet Manfaat Timun, Salah Satunya Jadi Rahasia Kecantikan Aisyah Istri Rasulullah SAW

Ilustrasi timun (Pixabay)

Penulis: Rashif Usman, Editor: Reza P - Rabu, 22 September 2021 | 15:40 WIB

Sariagri - Timun merupakan salah satu makanan yang sering dikonsumsi masyarakat Tanah Air. Memiliki ragam nutrisi, timun sangat baik untuk kesehatan tubuh. Bahkan timun juga tercatat manfaatnya dalam Alquran dan dimanfaatkan Aisyah, istri Rasulullah untuk kecantikan.

Namun, sebagian orang masih bingung untuk menyebut timun sebagai buah atau sayuran. Ada dua penjelasan mengenai pengertian tersebut, pertama menurut segi botanis timun merupakan buah karena terdapat biji dan dihasilkan dari bunga.

Sedangkan dari sisi kuliner, timun sering dikelompokkan sebagai sayuran. Terlepas dari penyebutannya timun merupakan bahan makanan yang kaya akan manfaat untuk kesehatan tubuh. Dalam Alquran dan hadits pun timun disebutkan sebagai salah satu buah favorit Nabi Muhammad SAW.

Ini sederet manfaat timun untuk kesehatan.

1. Sayuran Favorit Nabi Muhammad SAW

Timun sudah dikonsumsi sebagai makanan yang baik untuk kesehatan pada zaman Nabi Muhammad SAW. Bahkan diketahui timun merupakan salah satu makanan favorti Nabi Muhammad SAW.  Ada anjuran yang menyebutkan " Makan dan sukailah timun, karena Rasulullah SAW memakaan dan menyukainya,"

Nabi Muhammad SAW biasanya mengonsumsi timun dengan mengombinasikannya dengan kurma basah, seperti yang dijelaskan dalam hadits Riwaya Tirmidzi "Dari Aisyah bahwasanya. Rasulullah SAW sering makan timun dicampur dengan kurma basah," (HR Tirmidzi).

2. Rahasia Kecantikan Aisyah Istri Rasulullah SAW

timun dan kurma basah yang dikombinasikan ternyata bisa membantu meningkatkan berat badan dan mengubah bentuk tubuh. Hal ini diriwayatkan oleh Aisyah ketika hendak dipertemukan dengan Rasulullah SAW. Selain timun, Aisyah juga menggunakan minyak zaitun, minyakdzarirah dan madu untuk merawat kecantikannya dan kebugaran tubuhnya.

Aisyah mengatakan bahwa ia juga rutin mengonsumsi timun dan kurma basah untuk mendapatkan tubuh yang ideal. "Ibuku mengobatiku agar aku kelihatan gemuk, saat dia hendak mempertemukan aku dengan Rasulullah SAW,".

"Usaha itu membuahkan hasil sehingga aku memakan timun dengan kurma basah. Kemudian aku menjadi gemuk dengan bentuk tubuh yang ideal," (HR.Ibnu Majah).

3. Konsumsi Timun Anjuran Nabi Musa AS

Makan timun untuk kesehatan dianjurkan oleh Nabi Musa AS yang tercatat di dalam Alquran surah Al Baqarah ayat 61 yang artinya. "Dan (ingatlah), ketika kamu berkata: Hai Musa, kami tidak bisa sabar (tahan) dengan satu macam makanan saja. Sebab itu,mohonkanlah untuk kami kepada Tuhanmu agar Dia mengeluarkan bagi kami dari apa yang ditumbuhkan bumi, yaitu sayur-mayurnya,ketimunnya, bawang putihnya, kacangadasnya, dan bawang merahnya," (QS Al Baqarah:61).

Baca Juga: Sederet Manfaat Timun, Salah Satunya Jadi Rahasia Kecantikan Aisyah Istri Rasulullah SAW
Kenali Dampak Buruk Mengonsumsi Timun Sebelum Tidur, Bisa Ganggu Pencernaan

4. Konsumsi Timun untuk Pengobatan Tubuh

Sejumlah penelitian modern telah mengungkapkan bawa timun baik untuk kesehatan. Sebab kandungan air pada timun dapat membantu menghilangkan dan menetralkan racun.

Ketika diolah sebagai jus, timun juga dapat menurunkan demam karena adanya sifat dingin yang juga dapat menurunkan tekanan darah. Selain itu, timun juga baik digunakan sebagai masker wajah untuk kecantikan.

Video Terkait