Tips Menyulap Pekarangan Rumah Jadi Kebun Kecil

Ilustrasi pot tanaman hias. (pixabay)

Editor: Dera - Rabu, 29 September 2021 | 16:40 WIB

Sariagri - Berkebun memang terasa sangat menyenangkan, terlebih ketika mengisi waktu luang di masa pandemi. Selain menjadi hobi, berkebun juga bisa memberikan manfaat, salah satunya bisa memenuhi kebutuhan pangan keluarga. 

Namun bagi pemula, mungkin bercocok tanam merupakan hal yang sulit karena tak tahu proses yang harus dilakukan. Padahal, berkebun bisa dilakukan di rumah dengan memanfaatkan pekarangan yang ada. 

Supaya kamu tak salah langkah, yuk simak ulasannya berikut ini jika ingin menyulap pekarangan jadi kebun kecil: 

1. Cari tempat yang langsung terkena oleh sinar matahari

Menanam sayuran berdaun hijau di pekarangan rumah akan lebih bagus jika terkena langsung oleh sinar matahari, setidaknya paling lama 10 jam sehari.

2. Pastikan tanah yang dipakai bernutrisi

Untuk memastikan tanah yang dipakai itu baik, hal yang dapat kamu lakukan adalah menyediakan bahan-bahan organik seperti kompos yang dapat membantu menyuburkan tanah. Pasalnya, tanah yang bagus akan membuat tanaman tumbuh subur. 

3. Gunakan bibit yang berkualitas

Wajib memilih bibit yang berkualitas, sebab dengan perawatan yang minim pun dapat menghasilkan sayuran yang sehat dan tidak mudah terkena penyakit.

Baca Juga: Tips Menyulap Pekarangan Rumah Jadi Kebun Kecil
4 Tips Sederhana Memilih Buah Semangka yang Matang Sempurna

4. Gunakan pupuk

Seperti pada umumnya, tanaman sayur pun juga membutuhkan perawatan dengan memberikannya pupuk. Cara sederhananya cukup dengan beli wadah dengan pupuk otomatis, dengan ini kamu dapat mengatur waktu pemupukan setiap hari.

5. Gunakan alat yang praktis

Gunakan alat sederhana agar lebih nyaman, letakkan alat-alat tersebut di area perkebunan agar lebih mudah dijangkau jika melihat ada gulma atau batang yang perlu diikat.

Video Terkait