Bukan Hanya Bebek, Tanaman Ini Juga Ternyata Dapat Bertelur

Ilustrasi terong Jepang (Istimewa)

Editor: Reza P - Selasa, 5 Oktober 2021 | 19:00 WIB

Sariagri - Sudah berapa banyak nih jenis tumbuhan yang Sobat Agri ketahui? Pasti kamu sudah banyak mengenal jenis tumbuhan mulai dari langka hingga yang sangat mudah ditemukan. Atau dari yang memiliki banyak manfaat hingga yang sangat beracun jika dikonsumsi.

Membahas soal tanaman, perkembangbiakan tanaman dilakukan sendiri tanpa melibatkan bantuan manusia. Cara berkembang biak setiap jenis tanaman juga berbeda-beda.

Namun, pernah tidak Sobat Agri mengetahui jika ada tanaman yang dapat bertelur? Pasti kamu langsung mengatakan jika hal ini merupakan suatu hal yang sangat mustahil. Karena pada umumnya hanya hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur. 

Tetapi ada loh salah satu jenis tanaman yang sekilas dilihat memang seperti bertelur. Tanaman ini benar-benar terlihat seperti mengeluarkan telur mirip telur bebek berwarna putih.

Tanaman ini bernama Japanese White Egg Eggplant yang mana masyarakat Indonesia lebih mengenalnya dengan sebutan terong Jepang atau terong putih. Secara habitatnya tanaman unik ini diklasifikasikan sebagai Solanum melongena, bagian dari Solanaceae, atau famili nightshade bersama dengan kentang, tomat, dan paprika.

Baca Juga: Bukan Hanya Bebek, Tanaman Ini Juga Ternyata Dapat Bertelur
Masya Allah, Lantunan Ayat Alquran Ternyata Pengaruhi Pertumbuhan Tanaman Lebih Cepat

Terdapat dua jenis yang berbeda pada terong putih, yaitu untuk tanaman hias dan tanaman yang memang bisa dikonsumsi.

Terong telur ini adalah varietas hibrida yang pertama kalinya diperkenalkan dari Belanda. Dengan kulit putih dan berkilau, buahnya memiliki panjang 8 hingga 13 cm dan berat 120 hingga 150 gr. Bentuknya yang putih mulus memang sangat mirip dengan putih telur.

Soal rasa pasti kebanyakan dari kamu penasaran apakah sama dengan terong ungu atau tidak. Banyak yang mengatakan rasa dari terong telur ini dengan mentimun, bisa disajikan mentah atau dimasak. Kandungan nutrisinya juga sangat tinggi.