Tak Disangka, 5 Tanaman Obat Keluarga Ini Punya Manfaat Ganda bagi Tubuh

Ilustrasi minuman dengan daun mint. (Pixabay)

Editor: Dera - Selasa, 12 Oktober 2021 | 08:00 WIB

Sariagri - Sejak awal pandemi hingga saat ini, tanaman obat keluarga atau toga masih banyak diburu. Kehadirannya memang sering digunakan untuk kehidupan sehari-hari, terutama untuk menjaga kesehatan.

Dilansir dari eMedi Health, Spesialis Nutrisi Bersertifikat (CNS) Courtney Jackson menyatakan bahwa tanaman obat telah terdokumentasi dan digunakan sebagai pengobatan alami sejak berabad-abad lalu.

Ditambah lagi dengan munculnya tren berkebun, membuat popularitas tanaman toga semakin meningkat. Dilansir dari berbagai sumber, berikut tanaman toga yang bisa ditanam sendiri di rumah.

1. Mint

Mint adalah tanaman jenis daun dari tanaman herbal spesies mentha yang kerap digunakan pada makanan, minuman, hingga pengobatan herbal. Ciri khas tanaman mint adalah warna daunnya yang hijau cerah dan memiliki rasa yang menyegarkan.

Selain itu, tanaman mint juga memiliki manfaat baik untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan, seperti mengurangi sakit perut, menenangkan pikiran, dan meningkatkan kualitas tidur.

2. Kemangi

Tanaman yang berasal dari India tengah-utara ini, tergabung dalam keluarga tanaman Lamiaceae. Namun kini penanaman kemangi telah berkembang dan menyebar hampir di seluruh dunia tropis. Kemangi termasuk tanaman yang tidak rewel dan dapat tumbuh mencapai 60-90cm.

Sama seperti daun mint, kemangi juga memiliki aroma yang khas. Berkat kandungan anti bakteri, anti inflamasi vitamin A, mangan dan magnesium yang terdapat di dalamnya, membuat kemangi digunakan untuk menjaga kesehatan tubuh.

3. Rosemary

Rosemary adalah tanaman obat yang serbaguna. Ia kerap digunakan sebagai bumbu dalam masakan, mengusir nyamuk, mencegah kutu daun, lalat putih, walang, hingga cacing gelang.

Jika dilihat dari dunia medis, rosemary memiliki manfaat karena sifat antibakteri, antibiotik, anti-inflamasi dan antimikroba yang dikandungnya. Ia terbukti dapat meningkatkan daya ingat, mengurangi kecemasan dan meningkatkan tidur.

4. Lidah Buaya

Lidah buaya atau aloe vera adalah tanaman yang terkenal akan manfaatnya untuk kecantikan kulit. Namun ternyata tidak hanya itu saja, lidah buaya juga berkhasiat bagi kesehatan tubuh, seperti melancarkan pencernaan, asma, sakit mag hingga menurunkan gula darah. Bentuk lidah buaya memiliki tekstur yang khas, yaitu memiliki tepi daun bergerigi dengan warna putih kecil.

Baca Juga: Tak Disangka, 5 Tanaman Obat Keluarga Ini Punya Manfaat Ganda bagi Tubuh
Mengenal 5 Manfaat Jamur Ganoderma yang Menjadi Obat Herbal Kerajaan China 400 Tahun Sebelum Masehi

5. Lavender

Lavender adalah tanaman berbunga yang masuk dalam famili Lamiaceae. Ia berasal dari wilayah selatan Laut Tengah sampai Afrika tropis dan ke timur sampai India. Selain bentuknya yang cantik, lavender memiliki peran sebagai pengusir nyamuk alami dan aman bagi.

Beberapa penelitian mengungkapkan, minyak esensial lavender bisa mengatasi kecemasan, insomnia dan juga stres. Tak heran jika minyak lavender sering digunakan untuk aromaterapi.