Ini 4 Sayuran yang Disebutkan Dalam Alquran, Mudah Ditemukan di Indonesia

Ilustrasi sayuran segar. (Foto: Unsplash)

Penulis: Rashif Usman, Editor: Tatang Adhiwidharta - Selasa, 12 Oktober 2021 | 19:40 WIB

Sariagri - Ada empat jenis sayuran yang tertulis di dalam Alquran. Rupanya jenis sayuran ini sangat mudah tumbuh dan ditemukkan di Indonesia lho!

Sayuran tersebut disebutkan dalam Alquran surat Al-Baqarah ayat 61. Begini penyebutan sayur dalam Al-Baqarah dan berkaitan dengan kisah Nabi Musa. Allah SWT berfirman:

"Artinya... Dan (ingatlah), ketika kamu berkata, “Wahai Musa! Kami tidak tahan hanya (makan) dengan satu macam makanan saja, maka mohonkanlah kepada Tuhanmu untuk kami, agar Dia memberi kami apa yang ditumbuhkan bumi, seperti: sayur-mayur, mentimun, bawang putih, kacang adas dan bawang merah." (QS Al-Baqarah ayat 61).

Ini 4 sayuran yang disebutkan dalam Alquran.

1. Mentimun

Mentimun disebutkan dalam Alquran sebagai salah satu sayuran yang ditumbuhkan dari bumi. Mentimun memiliki ragam khasiat untuk tubuh, seperti menjaga kesehatan kulit dan rambut, mengontrol gula darah, mencegah dehidrasi dan menjaga kesehatan tulang.

2. Bawang Putih

Bawang putih merupakan salah satu bumbu dapur yang banyak digunakan masyarakat Indonesia. Banyak tumbuh di Indonesia, bawang putih ternyata juga disebutkan dalam Alquran.

Khasiatnya bawang putih untuk kesehatan pun beragam, seperti menyehatkan jantung, menurunkan tekanan darah, mencegah kanker, menurunkan kolesterol dan lainnya.

Baca Juga: Ini 4 Sayuran yang Disebutkan Dalam Alquran, Mudah Ditemukan di Indonesia
Tips Sederhana Mengolah Kulit Bawang Menjadi Pupuk, Pestisida dan ZPT

3. Bawang Merah

Bawang merah yang masih kerabat dengan bawang putih rupanya juga tertulis di dalam Alquran. Sering digunakan sebagai bumbu dapur, bawang merah ternyata juga memiliki ragam manfaat untuk tubuh, yakni menjaga kesehatan jantung, mengontrol gula darah, menangkal efek radikal bebas, menjaga fungsi ginjal dan lainnya.

4. Kacang Adas

Kacang adas mungkin belum terlalu populer dan jarang ditemukan di Indonesia. Kendati demikian, tanaman ini ternyata juga mulai banyak dikembangkan di beberapa daerah di tanah air meskipun belum banyak. Kacang adas rupanya juga memiliki banyak khasiat untuk tubuh, seperti menjaga kesehatan jantung hingga melancarkan menstruasi.

Video Terkait