Hati-hati! Ini yang Terjadi pada Tubuh jika Tidak Mengonsumsi Sayuran dan Buah

Ilustrasi si kecil makan buah dan sayuran (Foto:Pixabay)

Penulis: Rashif Usman, Editor: Tatang Adhiwidharta - Selasa, 12 Oktober 2021 | 21:00 WIB

Sariagri - Sayuran dan buah memang telah diketahui sebagai makanan yang sehat untuk dikonsumsi untuk tubuh. Sebab, ada berbagai kandungan nutrisi yang dimiliki dari sayuran dan buah yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Maka dari itu, tidak ada salahnya jika kita mengajarkan anak mengonsumsi sayur dan buah supaya terbiasa konsumsi makanan tersebut. Selain itu, makan sayuran dan buah sejak dini juga akan menghindari risiko masalah kesehatan ketika dewasa. 

Ini yang terjadi pada tubuh jika tidak mengonsumsi sayuran dan buah, dikutip dari Bright Side.

1. Depresi

Sejumlah penelitian menjelaskan bahwa orang yang menolak untuk makan sayur dan buah memiliki depresi yang lebih tinggi. Oleh karenanya, penting untuk selalu konsumsi sayuran secara rutin.

2. Tekanan Darah Tinggi

Sebuah penelitian menjelaskan bahwa orang yang mengonsumsi sedikit atau tidak sama sekali buah dan sayuran, memiliki risiko lebih tinggi terkena tekanan darah tinggi dibandingkan dengan mereka yang mengonsumsinya sebagai bagian utama dari diet hariannya.

3. Mengalami Masalah Pencernaan

Mengonsumsi serat dalam jumlah rendah dipercaya sebagai salah satu alasan utama mengapa orang mengalami masalah pencernaan, seperti sembelit. Bahkan para ahli diet mengungkapkan untuk menambahkan sayuran dan buah bagi orang yang mengalami masalah pencernaan.

4. Bau Badan

Bau badan ternyata juga dipengaruhi oleh makanan yang dikonsumsi. Sebuah penelitian menemukan bahwa orang yang makan sayur dan buah memiliki bau badan yang lebih menyegarkan, bahkan jika mereka sudah lama tidak menggunakan sabun atau deodoran.

Baca Juga: Hati-hati! Ini yang Terjadi pada Tubuh jika Tidak Mengonsumsi Sayuran dan Buah
Kisah Inspiratif Sentra Sayuran Bawah Kolong Flyover Bantu Masyarakat

5. Gangguan Penglihatan

Mata kita membutuhkan penglihatan yang jeli dari Vitamin A. Vitamin ini dapat ditemukan dalam 2 bentuk, yaitu retinol dan beta-karoten.

Retinol dapat ditemukan di hati ikan kod, minyak ikan, dan telur, tetapi sangat beracun jika mengonsumsinya terlalu banyak. Untuk itu, makanlah sayuran dan buah-buahan, sebab tidak mungkin overdosis beta-karoten.