Kulitnya Jangan Dibuang! Ini 5 Manfaat Teh Kulit Pisang, Salah Satunya Mengobati Insomnia

Ilustrasi pisang (Pexels)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Jumat, 15 Oktober 2021 | 22:00 WIB

Sariagri - Pisang menjadi buah populer karena paling sering dikonsumsi oleh sebagian besar masyarakat Tanah Air.  Buah satu ini pun dapat dikonsumsi lewat berbagai cara. 

Namun, saat ini pisang dapat dinikmati bersamaan dengan kulitnya. Buah berkulit kuning ini bisa dijadikan teh pisang serta memiliki khasiat luar biasa bagi tubuh. 

Cara membuat teh kulit pisang ini cukup mudah. Pertama cuci buah pisang, lalu potong kurang lebih 2 cm. Siapkan panci di kompor serta didihkan. Setelah itu masukan pisang yang sudah di potong, rebus hingga 15 menit. Air rebusan sudah siap diminum.

Ketika merebus pisang boleh masukan buah dan boleh juga hanya kulitnya saja. Tergantung pilihan masing-masing. Teh pisang dapat ditambahkan dengan madu dan kayu manis agar menambah cita rasa pada teh.

Berikut manfaat teh pisang yang dapat mengobati insomnia, dikutip dari Organic Fact:

1. Baik untuk pencernaan

Pisang mengandung potasium atau kalium, mineral, elektrolit yang berguna uutk mengatur keseimbangan cairan, tekanan darah serta kontraksi otot. Dapat mengoptimalkan fungsi otot polos penting mengatur pergerakan usus di saluran pencernaan.

Selain itu teh pisang juga membantu mencegah sembelit, perut kembung dan mendukung penyerapan nutrisi.

2. Menjaga kesehatan jantung dan menurunkan tekanan darah 

Kalium dan magnesium pada pisang bantu turunkan tekanan darah yang berisiko tekena penyakit jantung serta stroke. Melalui jurnal British of Nutrition, antioksidan yang disebut sebagai catechin ada pada teh pisang atau antioksidan tersebut bisa menurunkan risiko store dan penyakit jantung. 

3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kandungan Vitamin C, A serta B 6 pada buah bewarna kuning ini dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Pisang merupakan sumber antioksiddan yang baik. Antioksidan tersebut digunaan untuk melawan radikal bebas pada tubuh serta dapat menyebabkan penyakit berbahaya. 

Baca Juga: Kulitnya Jangan Dibuang! Ini 5 Manfaat Teh Kulit Pisang, Salah Satunya Mengobati Insomnia
Viral di Medsos Penampakan Pisang Raksasa, Warganet: Bisa Kenyang Seharian Makan Ini

4. Mengobati insomnia

Minum teh pisang sebelum tidur bisa membantu turunkan hormon stress yang membantu tidur lebih nyenyak dan kualitas tidur membaik.Hal tersebut bisa terjadi karena teh pisang mengandung kalium dan triptofan bisa membantu meningkatkan kualitas tidur. 

5. Meningkatkan suasana hati

Pada teh pisang mampu mengatur hormon yang dapat tingkatkan suasana hati. Minum teh pisang mendapat efek antioksidan dan dopamin yang berperan aktif membuat hati lebih senang. Dengan mengonsumsi teh pisang secara rutin akan membuat mood terjaga.