Petani Milenial Jatim Hadir di Pasar Tani Goes to Mall, Ini 3 Komoditas Andalannya

Petani Milenial Jawa Timur di Pasar Tani Goes to Mall. (Sariagri/Istihanah)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Kamis, 21 Oktober 2021 | 15:20 WIB

Sariagri - Komoditas unggulan dari petani milenial Jawa Timur hadir di acara Pasar Tani Goes to Mall. Ada tiga jenis komoditas yang dibawa ke acara tersebut, yaitu Mangga harumanis, Alpukat silo dan Belimbing. 

Wildan, perwakilan petani milenial dari Surabaya mengatakan, setiap komoditas yang dibawanya memiliki keunggulan dan sudah diekspor ke luar negeri. 

"Keunggulan (komoditas kami) kalau mangga kami sudah berangkat ke Singapura dan Malaysia. Kalau belimbing di setiap kabupaten ada tapi nggak bisa sebesar seperti milik saya," kata dia saat ditemui Sariagri.id di kawasan Cengkareng, Jakarta Barat, Kamis (21/10/2021). 

"Kemudian alpukat kami baru verifikasi sertifikat dan sama sekali tidak berserat dan dagingnya punel mirip alpukat mentega tapi lebih pulen," jelas dia. 

Lebih lanjut Wildan mengatakan, belimbing yang dibawanya dari Jawa Timur tersebut telah dikembangkan secara organik tanpa tambahan bahan kimia. 

"Untuk penanaman kami tidak ada perbedaan kecuali belimbing yang memang dikembangkan secara organik dan hanya menggunakan pupuk kandang saja," jelas dia. 

Selain dipasarkan melalui pameran, komoditas dari petani milenial Jawa Timur ini juga sudah masuk ke Supermarket dan Pasar Induk di Indonesia. 

"Untuk pemasaran kita ke supermarket, website dan marketplace. Tapi khusus untuk marketplace kami hanya menjual olahan. Kalau untuk yang buah-buahan sementara kami pasarkan offline dan melayani pedagang-pedagang di pasar induk," kata Wildan

Hadirnya Wildan di acara ini memang baru kali pertama. Namun, ia berharap keikutsertaannya di gelaran yang diadakan oleh Dirjen Hortikultura, Kementerian Pertanian (Kementan) ini bisa mempertemukannya dengan buyers atau mitra untuk bekerjasama. 

"Target omset nggak ada , tapi saya menargetkan bisa ketemu calon-calon buyer dan mitra yang bisa diajak kerjasama. Kami berharap bisa membawa produk petani ke nasional dan internasional," kata dia 

Baca Juga: Petani Milenial Jatim Hadir di Pasar Tani Goes to Mall, Ini 3 Komoditas Andalannya
'Ratu Benih' Palestina Bawa Labu Yakteen ke Tanah Pertanian Amerika

Selain itu, Wildan juga berencana untuk selalu mengkurasi petani dan pelaku usaha tani untuk memperluas jaringan dan distribusi agar komoditasnya dapat dipasarkan ke luar negeri. 

"Rencana ke depan, kami bekerja mengkurasi petani dan UMKM siap ekspor. Jadi baru sedikit yg bisa kita ekspor jadi kedepannya kami ingin memperluas jaringan dan distribusi dan memperbanyak petani yang bisa berangkat ekspor dengan hasil buminya," jelasnya.