Bikin Kulit Makin Glowing, Ini 5 Manfaat Bengkuang yang Menakjubkan

Ilustrasi memakai masker. (unsplash.com)

Editor: Dera - Jumat, 22 Oktober 2021 | 23:00 WIB

Sariagri - Bengkuang merupakan jenis umbi-ubian yang berasal dari Amerika Tengah dan Amerika Selatan, namun mudah ditemukan di Asia, salah satunya Indonesia.

Memiliki nama latin Pachyrrhizus erosus, buah ini kaya akan antioksidan yang baik untuk tubuh. Mengonsumsi bengkuang dapat mengatasi gangguan pencernaan, meningkatkan sistem imun dan menjaga kesehatan jantung

Tidak hanya bemanfaat ntuk kesehatan tubuh, ternyata bengkuang juga bermanfaat untuk kulit, bahkan sering dijadikan produk kecantikan seperti masker, lulur, toner, sabun yang mampu mengatasi masalah pada kulit, baik kulit badan maupun wajah.

Berikut lima manfaat bengkuang untuk kulit, se[erti di kutip dari organicbeautyaward.

1. Mencerahkan kulit

Umbi yang kerap disebut sebagai buah ini mengandung vitamin C dalam jumlah besar, vitamin C tersebut berfungsi sebagai antioksidan untuk menurunkan produksi melanin yang membuat kulit tampak cerah serta bengkoang dapat mencegah infeksi kulit.

Jika menginginkan kulit cerah caranya cukup mudah. Gunakan masker bengkoang selama 15-20 menit. Selain itu gunakan juga lulurnya secara rutin seiminggu dua kali.

2. Mencegah penuaan dini

Kandungan antioksidan di dalamnya berguna untulk menangkal radikal bebeas yang merusak sel kulit. Akibat dari radikal bebas yaitu kulit mengendur serta tidak elastis. Antioksidannya juga mampu meningkatkan produksi kolagen yang dibutuhkan kulit.

Rutin menggunakan masker bengkuang dapat meningkatkan elastisitas kulit sehingga garis halus dan noda hitam tidak muncul pada wajah. Maskernya dapat digunakan pada malam hari menjelang tidur.

3. Menghilangkan jerawat

Kandungan vitamin E di dalamnya mampu mengatasi peradangan jerawat. Vitamin E tersebut dapat mempercepat penyembuhan pada luka jerawat. Maskernya juga bisa memperhalus kulit wajah akibat jerawat, sehingga bekas jerawat pada wajah akan memudar.

4. Melembabkan kulit

Buah ini mengandung banyak air sehigga mampu membuat wajah menjadi lebih lembab. Selain melembabkan kulit, juga mampu menetralkan suhu kulit setelah terpapar sinar matahari.

Gunakan maskernya secara rutin, lalu gunakan toner. Perpaduan masker dan toner dari buah ini dapat melembabkan kulit secara maksimal.

Baca Juga: Bikin Kulit Makin Glowing, Ini 5 Manfaat Bengkuang yang Menakjubkan
Jarang Diketahui, Ini Sederet Manfaat Daun Salam bagi Kesehatan dan Kecantikan

5. Mengurangi minyak berlebih

Selain melembabkan kulit, khasiatnya juga mampu mengurangi minyak berlebih karena mengandung air. Hasilnya kulit akan menjadi lembab tanpa membuat produksi minyak pada kulit secara berlebihan.

Cara mengurangi minyak yaitu gunakan toner buah ini yang dapat dipakai dengan cara disemprotkan di wajah atau menggunakan kapas.

Video Terkait